Apa Itu Reksadana?

Apa Itu Reksadana? Yuk Kenali Pengertian dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Reksadana – Jika kamu ingin berinvestasi, tetapi ilmu yang kamu miliki terkait dunia investasi masih sangat sedikit, maka saya sarankan kamu untuk mulai berinvestasi pada reksadana. Berdasarkan situs wikipedia, reksadana memiliki arti sebagai wadah dan pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor yang ingin berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia pada pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksadana yang tersedia.

Baca Juga : 7 Cara Mendapat Ide Untuk Video Promosi

Ada beberapa alasan kenapa investasi reksadana sangat saya rekomendasikan kepada kamu yang masih pemula, salah satunya adalah pengelolaannya dilakukan secara langsung oleh seorang manajer investasi yang telah berpengalaman pada bidangya. Selain itu, instrumen investasi pada reksadana telah terdiversifikasi secara otomatis.

Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan investasi pada reksadana adalah modal awal yang kecil, prosedur pencairan yang mudah, dan yang paling penting adalah bebas pajak.

Apa Itu Reksadana?

Jenis-jenis Reksadana

  1. Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang merupakan salah satu jenis produk reksadana yang dilakukan dalam bentuk instrumen pasar uang. Apabila kamu ingin berinvestasi dalam jangka pendek atau kurang dari 1 tahun, maka jenis reksadana yang satu ini sangat saya rekomendasi untuk kamu. Ada beberapa kelebihan reksadana pasar uang yang harus kamu ketahui, contohnya seperti memiliki profil resiko yang rendah daripada jenis reksadana lainnya.

  1. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap merupakan salah satu jenis produk reksadana yang menginvestasikan aktivanya dalam bentuk efek utang atau obligasi. Profil resiko pada reksadana tergolong lebih tinggi jika kamu bandingkan dengan reksadana pasar uang. Tahukah kamu, walaupun memiliki profil resiko yang cukup tinggi, produk investasi reksadana yang satu ini sangat populer untuk kalangan investor.

  1. Reksadana Saham

Kemudian yang terakhir adalah reksadana saham. Reksadana saham merupakan salah satu jenis produk reksadana yang menginvestasikan sebesar 80% dananya dalam bentuk saham. Dari semua jenis investasi, reksadana saham merupakan salah satu jenis produk reksadana terbaik. Pasanya reksadana saham memiliki profil resiko yang sangat tinggi jika kamu bandingkan dengan produk investasi lainnya. Sehingga tidak heran jika sebagian besar orang yang berinvestasi pada reksadana saham sebagai dana jangka panjang

Baca Juga :  7 Langkah Pembuatan Storyboard, Beserta Contohnya

Mungkin cukup sekian saja informasi yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Apabila informasi pada artikel ini sangat berguna, kamu bisa bagikan artikel ini ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.