Pengertian Power Suplay yang Wajib Anda ketahui

Pengertian Power Suplay yang Wajib Anda ketahui

Diposting pada

pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian power suplay , siapa yang tidak tahu pada komponen ini adalah suatu komponen utama yang harus berada pada komputer

karena power suplay adalah sumber dari tenaga pada komputer

Pengertian Power Suplay

Power suplay adalah salah satu haredware yang berada pada perangkat komputer yang berperan sebagai pemberi suplay daya,

biasanya power suplay ini berapa pada cashing dengan berbentuk kotak.

pada dasarnya power suplay ini membutuhkan sumber tenaga listrik yang nantinya akan menjalankan elektronik pada perangkat komputer.

sistem kerjanya cukup sederhana yakni dengan mengubah daya 120V kedalam bentuk aliran dengan daya yang sesuai dengan kebutuhan komponen

sesuai dengan pengertian power suplay pada komputer maka, power suplai berfungsi sebagai pengubah arus AC menjadi DC yang kemudian mengubahnya menjadi energi yang menggerakan komponen pada komputer seperti Mother board, Cd Room, Hardisk dll.

Baca Juga : Daftar Software Desain Grafis Yang Sering di Pakai

Pengertian Power Suplay yang Wajib Anda ketahui

jenis – jenis power suplay yang wajib anda ketahui berikut ini

  1. Power Supply / Catu Daya Internal; yaitu power supply yang dibuat terintegrasi dengan motherboard atau papan rangkaian induk. Contohnya; ampilifier, televisi, DVD Player; power supply-nya menyatu dengan motherboard dalam chasing perangkat tersebut.
  2. Power Supply/ Catu Daya Eksternal; yaitu power supply yang terpisah dari motherboard perangkat elektroniknya. Contohnya charger Laptop dan charger HP.

Bagaimana siklus PSU pada komputer

setelah membahas pengertian kita juga haru rau tentang siklus perambatan listrik pada PSU

Baca Juga :  Rekomendasi Kulkas 4 Pintu yang Mewah dan Elegan

Pangkal tenaga listrik yang berawal dari luar sedang berupa alternating current( AC). Kala tenaga listrik masuk ke power supply, hingga tenaga listrik akan dikonversi jadi wujud direct current( DC). Energi DC inilah yang setelah itu disalurkan ke seluruh bagian yang terdapat di dalam chasing pc supaya bisa bertugas.

Salah satu bagian power supply biasanya ada kipas yang bermanfaat buat membuang hawa panas dari dalam chasing pc. Tidak hanya itu, pada power supply pula ada suatu port male tipe IEC 60320 C14 yang berperan selaku konektor antara pangkal tenaga listri dan power supply.

semoga artikelnya bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.