Biodata Alexander Graham Bell Penemu Telepon

Biodata Alexander Graham Bell Penemu Telepon

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Alexander Graham Bell seorang penemu telepon. Penasaran ingin tahu tentang penemu telepon simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Alexander Graham Bell :

Lahir : 3 maret 1847, Edinburgh,Skotlandia, Britania Raya

Meninggal : 2 Agustus 1922 (umur 75) Beinn Bhreagh Nova Scotia, Kanada

Pendidikan : Universitas Edinburgh, University Colloge London

Pekerjaan : Penemu Ilmuwan,Insinyur, Profesor (Universitas Boston), Guru bagi penderita tunarungu

Dikenal atas : Menemukan telepon

Istri : Mabel Hubbard (menikah 1877–1922)

Anak : (4) Dua putra (meninggal ketika masih bayi) dan dua putri

Orang tua : Alexander Melville Bell, Eliza Grace Symonds Bell

 

Alexander Graham Bell (3 Maret 1847 – 2 Agustus 1922) adalah seorang ilmuan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell. Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi. Bell juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofil.

Bell lahir pada tanggal 3 Maret 1847 di Edinburg, Scotland. Bell berasal dari keluarga yang sangat mementingkan pendidikan. Ayahnya adalah seorang psikolog dan elocution bernama Alexander Melville Bell, sedangkan kakeknya Alexander Bell merupakan seorang elucution professor.

Bell memutuskan menjadi asisten ayahnya setelah menyelesaikan kuliahnya di University of Edinburg dan University College di London. Dia membantu orang-orang yang cacat pendengaran untuk belajar berbicara dengan metode memperhatikan posisi bibir dan lidah lawan bicaranya.

Dia semakin tertarik dengan sesuatu yang berhubungan dengan bunyi, maka dari itu dia tidak merasa keberatan ketika harus mengajar di Sarah Fuller, Boston yang merupakan sekolah khusus orang-orang tuli pada tahun 1870. Kemudian pada tahun 1873 dia diangkat menjadi guru besar psikologi di Boston University.

Dari tahun 1873 sampai 1976 Bell mulai melakukan penelitiannya dengan menggunakan phonatograph, multiple telegraph dan electric speaking telegraph.

Baca Juga :  Ragam Gerak Tari Tradisional Nusantara

Pada tanggal 2 juni 1875 Bell mengungkapkan keinginannya untuk menciptakan suatu alat komunikasi dengan transmisi gelombang listrik. Bell pun mengajak temannya Thomas Watson untuk membantu menyediakan perlengkapannya.

Penelitiannya dilakukan dengan menggunakan alat pengatur suara dan magnet untuk menghantarkan bunyi yang akan dikirimkan. Dan akhirnya terciptalah karya Bell yaitu sebuah pesawat penerima telepon dan pemancar yang bentuknya berupa sebuah piringan hitam tipis yang dipasang di depan electromagnet.

Baru pada tanggal 14 Februari 1876 Alexander Graham Bell mematenkan hasil penemuannya, akantetapi oleh US Patent Office penemuan Bell ini baru resmi dipatenkan pada tanggal 7 Maret untuk “electric speaking telephone”.

Bell terus mengembangkan penemuannya dan untuk pertama kalinya dia berhasil mengirimkan suatu kalimat berbunyi “Watson, come here, I want you” pada tanggal 10 Maret 1876.

Alexander Graham Bell meninggal pada tanggal 2 Agustus 1922 saat berumur 75 tahun di Beinn Bhreagh Nova Scotia, Kanada.

Penutup

Itulah biodata Alexander Graham Bell seorang penemu telepon, semoga bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

 

baca juga : Biodata Alessandro Volta Penemu Batu Baterai

sumber : wikipedia.org