Biodata Budi Darma, Sastrawan Indonesia

Biodata Budi Darma, Sastrawan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Budi Darma seorang Sastrawan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Budi Darma, simak penjelasannya berikut ini.

Budi Darma

Budi Darma adalah seorang sastrawan Indonesia yang karyanya tidak hanya populer di Indonesia, tetapi hingga mancanegara.

Budi Darma merupakan sastrawan Indonesia yang karyanya kerap muncul di media massa Amerika Serikat. Beliau dikenal sebagai cerpenis, novelis, dan esais.

Sebagai novelis, Budi Darma dianggap sebagai pelopor penggunaan teknik kolase, yaitu teknik penempelan potongan iklan bioskop dan tiket pertunjukan dalam karya-karyanya. Teknik itu terlihat salah satunya dalam karyanya yang berjudul Orang-Orang Bloomington maupun Olenka.

Budi Darma lahir pada tanggal 25 April 1937 di Rembang, Jawa Tengah. Ia merupakan anak keempat dari enam bersaudara yang semuanya laki-laki.

Kedua orang tuanya berasal dari Rembang. Ayahnya bernama Munandar Darmowidagdo dan bekerja sebagai pegawai kantor pos. Ibunya bernama Sri Kunmaryati.

Budi darma sering berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti orang tuanya, antara lain di bandung, Yogyakarta, dan Semarang.

Beliau menjalani masa kanak-kanak dan remaja di Jawa Tengah. Selepas SMA, Budi Darma berkuliah di Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Gadjah Mada yang selesai pada tahun 1963.

Gelar Master of Arts in English Creative Writing diselesaikannya tahun 1975 di Universitas Indiana, Bloomington, Indiana, Amerika Serikat.

Kemudain, ia melanjutkan studi doktoral di Universitas Indiana, Bloomington, Indiana, Amerika Serikat pada tahun 1980.

Budi Darma mulai serius menulis tahun 1969. Selain dalam bahasa Indonesia, ia juga menulis dalam bahasa Inggris. Beberapa cerita pendeknya yang ditulis dalam bahasa Inggris dimuat di berbagai media massa yang terbit di Indiana, Bloomington, Amerika Serikat.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih, Dijamin Bisa!

Di dalam negeri, tulisan Budi Darma tersebar di belasan media massa nasional. Beberapa novel yang ditulis Budi Darma ialah Olenka (1983), Ny. Talis (1996), dan Rafilus (1988), dan kumpulan cerita pendeknya Orang-Orang Bloomington (1980).

Selain itu, Beliau juga telah menerbitkan beberapa karya esai, yakni Solilokui (1983), Harmonium (1996), dan Fofo dan Senggring.

Selain sebagai seorang sastrawan, Budi Darma juga mengabdikan hidupnya sebagai akademisi. Beliau pernah menjabat sebagai rektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP Surabaya, yang sekarang bernama Unesa (Universitas Negeri Surabaya) pada tahun 1984.

Budi Darma, mengembuskan nafas terakhirnya pada hari Sabtu, tanggal 21 Agustus 2021.

Penghargaan 

  • Hadiah Pertama Sayembara Mengarang Naskah Roman Dewan Kesenian Jakarta atas novelnya Olenka (1980)
  • Penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta atas novelnya, Olenka, sebagai novel terbaik (1983)
  • Penghargaan Sea Write Award dari pemerintah Thailand atas karyanya yang berjudul Orang-Orang Bloomington (1984)
  • Penghargaan Anugerah Seni dari pemerintah Indonesia (1993)
  • Penghargaan dari Kompas atas cerpennya, “Derabat”, sebagai cerpen terbaik (1999)

Penutup

Itulah biodata Budi Darma seorang Sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.