Biodata Carl Woese – Pencetus Archaea

Biodata Carl Woese – Pencetus Archaea

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Carl Woese seorang pencetus archaea. Penasaran ingin tahu tentang pencetus archaea, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Carl Woese :

  • Lahir : 15 Juli 1928 Syracuse, New York, USA 
  • Meninggal : 30 Desember 2012 (umur 84) Urbana, Illinois, USA 
  • Tempat tinggal : Urbana, Illinois , USA  
  • Kebangsaan : Amerika Serikat
  • Bidang : Mikrobiologi 
  • Dikenal karna : Archaea 
  • Penghargaan : Leeuwenhoek Medal (1992), Penghargaan selman A Waksman (1995), National Medal of Science (2000), Crafoord Prize (2003)

 

Carl Richard Woese ialah seorang ahli mikrobiologi dan biofisika berkebangsaan Amerika. Woese terkenal karena mendefinisikan Archaea (domain baru atau kerajaan hidup) pada tahun 1977 oleh filogenetik taksonomi dari 16S ribosomal RNA, teknik yang dipelopori oleh Woese yang merevolusi disiplin ilmu mikrobiologi.

Woese juga pencetus dunia RNA hipotesis pada tahun 1967, meskipun tidak dengan nama itu. Woese menjabat Ketua Stanley O. Ikenberry dan profesor mikrobiologi di University of Illinois di Urbana-Champaign.

Carl Woese lahir pada tanggal 15 Juli 1928 di Syracuse, New York, USA. Woese belajar matematika dan fisika dari Amherst College pada tahun 1950 dan mendapat gelar doktor dalam bidang biofisika dari Universitas Yale. Pada tahun 1953 Woese bergabung sebagai staf pengajar di University of Illinois pada tahun 1964.

Setelah Archaea didefinisikan sebagai domain baru berdasarkan penelitian selama bertahun-tahun melalui hubungan genetik dengan metode perbandingan kesamaan morfologinya. Selanjutnya dibagi ke dalam 23 divisi utama, yang secara keseluruhan dimasukkan dalam tiga domain: Bakteri, Archaea, dan Eucarya.

Baca Juga :  Biodata Abu Musa Jabir bin Hayyan, Bapak Kimia Modern
Pohon filogenetik berdasarkan Woese et al. analisis RNA

Carl Woese diangkat menjadi anggota National Academy of Sciences pada tahun 1988, menerima Medali Leeuwenhoek (kehormatan tertinggi untuk bidang mikrobiologi) pada tahun 1992, selman A Waksman Award pada Mikrobiologi pada tahun 1995, dan National Science Medal pada tahun 2000.

Pada tahun 2003, Woese menerima Penghargaan Crafoord dari Royal Swedish Academy of Sciences. Pada tahun 2006, Woese menjadi anggota dari Royal Society.

Kematian

Carl Woese meninggal dunia pada tanggal 30 Desember 2012 di Urbana, Illinois, USA, karena komplikasi dari kanker pankreas.

Penutup

Demikian tadi biodata Carl Woese seorang pencetus archaea. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Carl Woese – Wikipedia