Biodata Edwin Beard Budding Penemu Mesin Pemotong Rumput

Biodata Edwin Beard Budding Penemu Mesin Pemotong Rumput

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Edwin Beard Budding seorang penemu mesin pemotong rumput. Penasaran ingin tahu tentang penemu mesin pemotong rumput, simak penjelasannya berikut ini.

Edwin Beard Budding adalah seorang penemu asal Inggris. Dia menemukan mesin pemotong rumput yang memudahkan dalam proses memotong rumput.

Edwin Beard Budding lahir pada tahun 1830, di kota Stroud, Gloucestershire, Inggris. Sejak kecil Budding telah memiliki bakat sebagai seorang penemu.Orang tuanya adalah seorang petani di kota kelahirannya. Meski tergolong miskin, orang tuanya sanggup menyekolahkan Budding hingga mendapatkan gelar insinyur.

Sebelum menciptakan mesin pemotong rumput, Budding bekerja sebagai pemotong kain di sebuah pabrik pakaian di Chalford. Ditengah kesibukan dalam memotong kain, Budding masih sempat memikirkan untuk menciptakan sesuatu untuk kepentingan publik.

Suatu hari, Budding mempunyai sebuah ide untuk menciptakan sebuah mesin yang bisa bekerja cepat untuk memotong rumput di halaman rumahnya. Daya kreatifnya muncul dengan tercetus sebuah ide untuk menciptakan sebuah mesin pemotong rumput.

Budding mulai tertarik menciptakan mesin pemotong rumput setelah terinspirasi dengan memperhatikan cara kerja mesin pemotong pakaian yang berbentuk silinder. Mesin itu menempel pada semacam papan untuk menghaluskan pakaian setelah ditenun. Dengan tekun Budding mengamati cara kerja mesin pemotong pakaian itu.

Pada tahun 1927, Edwin Beard Budding mulai menggambarkan konsep kerja mesin pemotong kain itu untuk diterapkan sebagai mesin pemotong rumput. Sebagian besar ahli mesin pada waktu itu menyebutkan, mesin pemotong rumput buatan Budding terbuat dari besi dengan menempelkan roda yang berpisau.

Dalam prosesnya nanti, pisau ini akan digerakkan mesin itu untuk meratakan permukaan rumput. Sejak saat itu Budding dikenal oleh masyarakat Inggris sebagai seorang insinyur tekstil yang berhasil membuat mesin pemotong rumput pertama. Alat ini merupakan adaptasi dari tekanan putar yang digunakan untuk memotong serat pada karpet.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini, Rabu 16 November 2022

Setelah beberapa tahun Budding berhasil membuat model pertama mesin pemotong rumput. Budding mengajak seorang insinyur lokal John Ferrabee untuk berkolaborasi mengembangkan temuannya itu. Merasa yakin ciptaannya bisa memberikan nilai jual, pada tanggal 18 Mei 1830, Budding mendapatkan suntikan dana John Ferrabee untuk mendirikan pabrik mesin pemotong rumput di kota kelahirannya, Stroud, Gloucestershire, Inggris.

Pada tanggal 25 Oktober 1830, Budding mematenkan karya yang briliannya itu di Inggris. Pada tahun 1831, untuk pertama kalinya, mesin pemotong rumput ciptaan Budding mulai dikenalkan ke publik dengan ujicoba pertama di taman Zoological Inggris. Hasilnya cukup memuaskan.

Ditahun yang sama, pabrik Budding memproduksi secara massal mesin yang bisa memotong rumput secara cepat dan terjual hingga 1000 unit. Sepuluh tahun kemudian, Budding kembali membuat inovasi baru untuk membuat mesin pemotong rumput dengan menggunakan tenaga kuda.

Dalam perkembangannya, mesin ciptaan Budding terdapat delapan model mesin pemotong rumput dengan berbagai jenis. Bahkan, pabrik yang dibangunnya ini mampu memproduksi hingga 5000 unit pertahunnya. Sejak saat itu, tipe-tipe mesin pemotong rumput (potrum) mulai dikenal dan yang sering digunakan adalah tipe reel mowerrotary mower, dan flail mower.

Pada dasarnya reel mower terdiri dari sebuah silinder reel yang berputar dilengkapi dengan pisau-pisau berbentuk helik, dan menghasilkan efek potong dengan adanya pisau horisontal yang tetap (bed knife). Reel mower mempunyai kualitas pemotongan terbaik diantara mesin mower lainnya. Meski demikian, tanpa diketahui sebabnya pabrik yang dibangun dengan susah payah ini mengalami kebangkrutan.

Pada awal tahun 1900, unit yang sama dibuat. Alat ini didorong dengan tangan, ditarik oleh kuda, atau diberi tenaga oleh mesin uap sampai penemuan mesin pemotong dengan tenaga bensin.Sebelum perang dunia pertama dimulai Thomas Green berhasil mengembangkan penemuan brilian Budding. Temuannya ini tentu saja dengan mengenalkan inovasi baru. Mesin pemotong rumput yang dinamakan the Silens ini bisa bergerak dengan cepat dan praktis karena mesin ini menggunakan rantai.

Baca Juga :  Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Renyah

Kematian

Edwin Beard Budding meninggal pada tahun 1846 dikarenakan penyakit stroke. Ia dimakamkan di kota kelahirannya. Berkat jasanya, model pertama mesin pemotong tersebut diabadikan di Museum Stroud, museum ilmiah London, dan Museum Milton Kyenes.

Penutup

Itulah biodata Edwin Beard Budding seorang penemu mesin pemotong rumput. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski