Biodata Ernest Rutherford Penemu Proton

Biodata Ernest Rutherford Penemu Proton

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Ernest Rutherford seorang penemu proton. Penasaran ingin tahu tentang penemu proton, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Ernest Rutherford :

Lahir : 30 Agustus 1871 Brightwater, Selandia Baru 

Meninggal : 19 Oktober 1937 (umur 66) Cambridge, Cambridgeshire, Inggris 
Kebangsaan : Inggris 
Orang tua : James Rutherford dan Martha Thompson,
Pasangan : Mary Georgina Newton
Alma mater : Universitas Canterbury Universitas Cambridge 
Dikenal atas : Bapak fisika nuklir, Model Rutherford, Pembelahan atom, Penemu proton 
Penghargaan : Rumford Medal (1905), Nobel Kimia (1908), Elliott Cresson Medal (1910), Matteucci Medal (1913), Copley Medal (1922), Franklin Medal (1924).
Ernest Rutherford adalah seorang fisikawan kelahiran Selandia Baru berkebangsaan Inggris yang berkolaborasi dengan J.J. Thomson meneliti atom di Universitas Cambridge. Rutherford berhasil menangkap adanya nukleus di dalam atom.
Dengan dukungan dari Frederick Soddy, Rutherford mengemukakan bahwa radioaktivitas berasal dari peluruhan atom-atom. Rutherford adalah orang pertama yang sukses melakukan pembelahan atom di dalam laboratorium.
Rutherford dinobatkan sebagai peraih hadiah Nobel Kimia pada tahun 1908. Dia kemudian dikenal sebagai bapak fisika nuklir. Dalam karya awal dia menemukan konsep radioaktif paruh, membuktikan bahwa radioaktivitas melibatkan transmutasi satu unsur kimia yang lain, dan juga dibedakan dan dinamai alpha dan radiasi beta.
Pekerjaan ini dilakukan di McGill University di Kanada. Ini adalah dasar untuk Hadiah Nobel dalam Kimia Rutherford dianugerahi pada tahun 1908 “untuk investigasinya ke disintegrasi unsur-unsur, dan kimia zat radioaktif”.

kehidupan Awal

Ernest Rutherford Lahir pada tanggal 30 Agustus 1871 di Spring Grove, Brightwater, Selandia Baru. Dia adalah anak dari pasangan James Rutherford, seorang petani, dan Martha Thompson, berasal dari Hornchurch, Ess3x,Inggris.

Baca Juga :  Maksud Isi Lagu Memandang Alam Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 143

Rutherford menuntut ilmu di Havelock School dan lalu Nelson Collage dan memenangkan beasiswa untuk belajar di Cantebury Collage, Universitas di Selandia Baru, di sana dia menjadi presiden dari debating society.

Setelah mendapatkan gelar BA, MA, dan BSc dan melakukan penelitian dua tahun di garis depan teknologi listrik, pada tahun 1895 Rutherford melakukan perjalanan ke Inggris untuk studi pascasarjana di Laboratorium Cavendish, Universitas Cambridge (1895-1898).

Selama penyelidikan radioaktivits Rutherford menciptakan istilah alpha dan beta pada tahun 1899 untuk menggambarkan dua jenis radiasi yang dipancarkan oleh thorium dan uranium. Sinar ini dibedakan berdasarkan daya tembus.

Pada tahun 1900 Rutherford memperoleh DSc dari Universitas New Zealand, dan 1900-1903 dia bergabung di McGill dengan Frederick Soddy (Nobel Kimia, 1921) dan mereka bekerja sama penelitian dalam transmutasi dari unsur-unsur.

Pada tahun 1900 Rutherford menikah dengan Mary Georgina Newton (1876-1945); mereka punya satu putri, Eileen Mary (1901-1930), yang menikah dengan Ralph Fowler.

Penemuan

Pada tahun 1907 Rutherford belajar  fisika di Universitas Manchester. Disana bersama dengan Hans Geiger dan Ernest Marsden, dia melakukan percobaan pada tahun 1909, yang menunjukkan sifat nuklir atom.

Percobaan itu adalah interpretasi dari percobaan ini yang membawanya untuk merumuskan model atom Rutherford pada tahun 1911 yang menyatakan bahwa terdapat partikel bermuatan negatif yang mengelilingi inti atom yang disebut elektron.

Pada tahun 1919 Rutherford menjadi orang pertama untuk mengubah satu unsur menjadi unsur lain, yakni nitrogen menjadi oksigen melalui reaksi nuklir 14 N + α → 17 O + p.

Penghargaan dan akhir hidupnya

Rutherford mendapatkan gelar bangsawan pada tahun 1914. Pada tahun 1916 Rutherford dianugerahi Medali Hector Memorial. Pada tahun 1919 dia kembali ke Cavendish sebagai Direktur.

Baca Juga :  Biodata Johann Jakob Balmer Penemu Rumus Empiris Untuk Garis-Garis Spektrum Atom Hidrogen

Pada tahun 1931 Rutherford mendapatkan Baron Rutherford of Nelson, dari Cambridge di daerah Cambridge, gelar yang menghilang setelah kematian tak terduga di rumah sakit setelah operasi hernia umbilikalis tahun 1937.

Ernest Rutherford meninggal pada tanggal 19 Oktober 1937 saat berumur 66 tahun di Cambridge, Cambridgeshire, Inggris. Rutherford dihormati dengan dimakamkan di Westminter Abbey bersama dengan J.J Thomson dan Sir Isaac Newton (ilmuwan terbesar dari Britania Raya).

Penutup

Itulah biodata Ernest Rutherford seorang penemu proton. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org