Biodata Eva Ekeblad Penemu Tepung dan Alkohol dari Kentang

Biodata Eva Ekeblad Penemu Tepung dan Alkohol dari Kentang

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Eva Ekeblad seorang penemu tepung dan alkohol dari kentang. Penasaran ingin tahu tentang penemu tepung dan alkohol dari kentang, simak penjelasannya berikut ini.

Eva Ekeblad adalah seorang agronom, ilmuwan, Salonis (semacam perkumpulan rutin di antara banyak orang dalam satu atap untuk bertukar ilmu dan pengalaman), dan bangsawan asal Swedia.

Eva dikenal karena Penemuannya membuat tepung dan alkohol dari kentang pada tahun 1746. Eva adalah wanita pertama yang menjadi anggota dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada tahun 1748.

Perempuan yang lahir dari negarawan Count Magnus Julius De la Gardie (1668-1741) dan salonis dan politikus amatir Hedvig Catharina Lilje ini Pada tahun 1746, menulis untuk Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia karena ia menemukan cara membuat tepung dan alkohol keluar dari kentang.

Kentang telah diperkenalkan ke Swedia pada tahun 1658, tapi sampai saat itu hanya dibudidayakan di rumah kaca dari kalangan aristokrat. Karya Ekeblad mengubah kentang menjadi makanan pokok di Swedia.

Hal itu juga meningkatkan pasokan gandum, gandum hitam, dan jelai yang tersedia untuk membuat roti, karena kentang dapat digunakan sebagai pengganti alkohol. Dampaknya adalah berubahnya kebiasaan makan orang Swedia dan mengurangi tingkat kelaparan pada masyarakat.

Eva juga menemukan metode pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun pada tahun 1751, dan mengganti bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang pada tahun 1752, dia dikatakan telah mengiklankan tanaman tersebut dengan menggunakan bunganya sebagai hiasan rambut.

Baca Juga :  Biodata Karlheinz Brandenburg Penemu Teknologi MP3

Pada tahun 1748, Eva Ekeblad menjadi wanita pertama yang terpilih sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia. Tidak ada catatan dia pernah ikut dalam pertemuan selama menjadi anggota dalam akademi tersebut.

Pada tahun 1751, Akademi tersebut menunjuknya sebagai anggota kehormatan dan bukan anggota penuh, karena hanya yang berjenis kelamin laki-laki yang boleh menjadi anggota penuh pada Akademi tersebut.

Kehidupan pribadi

Eva menikah dengan riksråd Count Claes Claesson Ekeblad di usia 16 tahun. Ia menjadi ibu dari tujuh anak, dengan satu putra dan enam putri. Enam di antara mereka adalah Claes Julius Ekeblad (1742-1808) dan Hedda Piper. Mereka adalah salah satu bangsawan kelas atas di Swedia.

Setelah menikah, ayahnya memberinya aset berupa perkebunan di Kastil Mariedal dan Kastil Lindholmen di Västergötland. Pasangannya juga dihadiahkan perumahan di manor (tanah milik bangsawan) Stola beserta lingkungan perumahannya di ibukota Stockholm.

Karena seringnya tidak ada pasangannya dalam bisnis, Eva Ekeblad diberi tanggung jawab untuk mengurus tiga perkebunan, termasuk tugas untuk mengawasi petugas pengadilan dan memimpin paroki-paroki dari perkebunan.

Di kediaman Eva di Stockholm, dia menjadi tuan rumah sebuah salon budaya dan digambarkan oleh istri duta besar Spanyol de marquis de Puentefuerte sebagai “salah satu dari sedikit wanita aristokrat yang kehormatannya dianggap tidak tercemar”. Pertunjukan konser pertama musik massa Johan Helmich Roman dilakukan di salonnya di Rumah Eva. Dia bersahabat dengan ratu Louisa Ulrika.

Kematian

Pada tahun 1778 kesehatan eva menurun karena penyakit yang membuat dia sangat lemah dan membuatnya terbaring secara berkala selama delapan tahun. Eva menghabiskan enam tahun terakhirnya di Kastil Mariedal. Eva Ekeblad meningal dunia pada tanggal 15 Mei 1786 saat umur 61 tahun di Swedia.

Baca Juga :  Biodata John Frederic Daniell Penemu Sel Daniell

Penutup

Itulah biodata Eva Ekeblad seorang penemu tepung dan alkohol dari kentang. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

 

sumber : Wikipedia