Biodata Garrett Morgan Penemu Masker Gas

Biodata Garrett Morgan Penemu Masker Gas

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Garrett Morgan seorang penemu masker gas. Penasaran ingin tahu tentang penemu masker gas, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Garrett Morgan : 

  • Lahir : 4 Maret 1877 di Claysville, Kentucky
  • Meninggal : 27 Juli 1963 di Cleveland, Ohio
  • Orangtua : Sydney Morgan, dan Elizabeth Reed
  • Dikenal atas : Penemuan tudung pengaman (masker gas awal) dan sinyal lalu lintas mekanis
  • Penghargaan : Diakui pada Perayaan Seratus Tahun Emansipasi di Chicago, Illinois, pada bulan Agustus 1963; sekolah dan jalan yang dinamai untuk menghormatinya; termasuk dalam buku 2002, “100 Greatest African American” oleh Molefi Kete Asante; anggota kehormatan persaudaraan Alpha Phi Alpha
  • Pasangan : Madge Nelson, Mary Hasek
  • Anak-anak : John P. Morgan, Garrett A. Morgan, Jr., dan Cosmo H. Morgan

 

Garrett Morgan adalah seorang penemu dan pengusaha dari Cleveland yang terkenal karena menemukan alat bernama Morgan Safety Hood dan Smoke Protector pada tahun 1914. Penemuan ini lalu dijuluki sebagai masker gas.

Kehidupan awal

Garrett Morgan lahir di Claysville, Kentucky, pada tanggal 4 Maret 1877. Morgan adalah anak ketujuh dari 11 bersaudara, dan masa kecilnya dihabiskan untuk bersekolah dan bekerja di pertanian keluarga bersama saudara laki-laki dan perempuannya.

Ketika masih remaja, Morgan meninggalkan Kentucky dan pindah ke utara ke Cincinnati, Ohio, untuk mencari peluang. Meskipun pendidikan formal Morgan tidak pernah membawanya melampaui sekolah dasar, dia bekerja untuk memberikan dirinya pendidikan, mempekerjakan seorang tutor saat tinggal di Cincinnati dan melanjutkan studinya dalam tata bahasa Inggris.

Baca Juga :  Biodata Alfred Werner Penemu Struktur Molekul Organik

Pada tahun 1895, Morgan pindah ke Cleveland, Ohio, di mana dia bekerja sebagai tukang reparasi mesin jahit untuk produsen pakaian, belajar sendiri sebanyak mungkin tentang mesin jahit dan bereksperimen dengan prosesnya.

Pada tahun 1907, penemunya membuka peralatan menjahit dan bengkelnya. Itu adalah yang pertama dari beberapa bisnis yang akan Morgan dirikan. Pada tahun 1909, Morgan memperluas perusahaannya dengan memasukkan toko penjahit yang mempekerjakan 32 orang.

Perusahaan baru itu menghasilkan mantel, jas, dan gaun, semuanya dijahit dengan peralatan yang dibuat Morgan sendiri.

Masker Gas awal

Pada tahun 1914, Morgan dianugerahi dua paten untuk penemuan masker gas awal, Safety Hood dan Smoke Protector. Morgan membuat topeng dan menjualnya secara nasional dan internasional melalui National Safety Device Company, atau Nadsco, menggunakan strategi pemasaran untuk menghindari diskriminasi Jim Crow  yang oleh sejarawan Lisa Cook disebut sebagai “anonimitas karena disosiasi”.

Ketika itu para pengusaha menjual hasil penemuannya dengan melakukan demonstrasi langsung. Morgan muncul dalam acara ini kepada masyarakat umum, dengan departemen pemadam kebakaran kota, dan pejabat kota mewakili dirinya sebagai asistennya sendiri, seorang pria Pribumi Amerika yang disebut “Pemimpin Besar Mason.”

Topeng gas terbukti sangat populer: Kota New York dengan cepat mengadopsi topeng tersebut, dan, akhirnya, 500 kota mengikutinya. Pada tahun 1916, model topeng gas Morgan dianugerahi medali emas di Pameran Internasional Sanitasi dan Keselamatan dan medali emas dari Asosiasi Kepala Kebakaran Internasional.

Bencana Boks Danau Erie

Pada tanggal 25 Juli 1916, Morgan membuat berita nasional karena menggunakan masker gasnya untuk menyelamatkan orang-orang yang terperangkap dalam ledakan di terowongan bawah tanah yang terletak 250 kaki di bawah Danau Erie.

Baca Juga :  Biodata Charles A. Hufnagel Penemu Katup Jantung Buatan

Tidak ada yang bisa menjangkau orang-orang itu: Sebelas dari mereka telah tewas seperti halnya sepuluh orang lainnya yang berusaha menyelamatkan mereka. Dipanggil di tengah malam enam jam setelah kejadian, Morgan dan tim relawan mengenakan “masker gas” baru dan membawa dua pekerja keluar hidup-hidup dan menemukan 17 mayat lainnya.

Dia secara pribadi memberikan pernapasan buatan kepada salah satu pria yang dia selamatkan. Setelah itu, perusahaan Morgan menerima banyak permintaan tambahan dari departemen pemadam kebakaran di seluruh negeri yang ingin membeli masker baru.

Namun, berita nasional memuat foto-fotonya, dan pejabat di sejumlah kota selatan membatalkan pesanan yang ada ketika mereka mengetahui bahwa dia adalah Black.

Pada tahun 1917, Komisi Dana Pahlawan Carnegie meninjau laporan kepahlawanan yang ditampilkan selama bencana. Berdasarkan laporan berita yang meremehkan peran Morgan, dewan Carnegie memutuskan untuk memberikan penghargaan bergengsi “Pahlawan” kepada sosok kecil dalam upaya penyelamatan yang berkulit putih, bukan kepada Morgan.

Morgan memprotes, tetapi Lembaga Carnegie mengatakan dia tidak mengambil risiko sebanyak yang dimiliki orang lain karena dia memiliki peralatan keselamatan. Beberapa laporan mengatakan masker gas Morgan telah dimodifikasi dan digunakan dalam Perang Dunia I setelah Jerman melancarkan perang kimia pada tanggal 22 April 1915, meskipun tidak ada bukti kuat untuk itu.

Terlepas dari popularitas Morgan di Amerika Serikat, ada lusinan topeng lain di pasaran saat itu, dan yang paling banyak digunakan dalam Perang Dunia I adalah buatan Inggris atau Prancis.

Kematian

Garrett Morgan menderita glaukoma, tetapi pada saat kematiannya dia masih mengerjakan penemuan baru yaitu rokok yang bisa mati sendiri. Morgan meninggal pada tanggal 27 Agustus 1963, pada usia 86 tahun.

Baca Juga :  Biodata Isamu Akasaki Penemu Galium Nitrida (GaN) Terang dan Light Emitting Diode (LED) biru

Penutup

Itulah biodata Garrett Morgan seorang penemu masker gas. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : dariberbagai sumber

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski