Biodata George Edward Moore, Pelopor Filsafat Analitik

Biodata George Edward Moore, Pelopor Filsafat Analitik

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata George Edward Moore seorang pelopor filsafat analitik. Penasaran ingin tahu tentang seorang pelopor filsafat analitik, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata George Edward Moore :

  • Lahir : 4 November 1873 London, England
  • Meninggal : 24 Oktober 1958 (umur 84) Cambridge, England
  • Era : filsuf abad 19, filsuf abad 20
  • Aliran : Analytic philosophy
  • Minat utama : Ethics, Philosophy of Language, Epistemology
  • Gagasan penting : Naturalistic fallacy, Moore’s paradox, paradox of analysis, Here is a hand

 

George Edward Moore adalah seorang filsuf asal Inggris dari aliran realisme baru (neorealisme) dan tokoh pelopor filsafat analitik yang mengembangkan teori realistik baru dalam epistemologi era 19 sampai 20-an. Moore merupakan saudara dari penulis dan pemahat Sturge Thomas Moore.

Selain itu, Ia juga merupakan seorang tokoh pertama yang melancarkan kritikan keras terhadap neohegelianisme, sekaligus menjabat sebagai guru besar filsafat dan ahli filologi dari Universitas Cambridge, Inggris dan editor majalah filsafat Cambridge yang menjadi pemancar filsafat analitis sampai hari ini, Mind selama 26 tahun, 1921 hingga 1947.

Meskipun Moore secara nisbi sedikit menulis, namun Moore mempunyai pengaruh yang sangat besar di Inggris dan Amerika.

George Edward Moore lahir di London Selatan pada tanggal 4 November 1873. kakak tertuanya adalah Thomas Sturge Moore, seorang penyair, penulis dan pemahat.

Pada tahun 1892, Moore dididik di Sekolah tinggi Dulwich dan kemudian menghadiri Trinity College Cambridge untuk belajar ilmu moral klasik. Moore menjadi Fellow Trinity pada tahun 1898, dan melanjutkan untuk menjabat di University of Cambridge filsafat mental dan logika, tahun 1925 sampai 1939.

Baca Juga :  Jawaban Permasalahan Sosial di Sekitar Kita

Moore juga merupakan seorang Profesor Filsafat di Universitas Cambridge. George Edward Moore juga merupakan saudara dari penulis dan pemahat Sturge Thomas Moore.

Moore bersama dengan rekan-rekannya seperti Betrand Russell, Ludwig Wittgenstein, dan Gottlob Frege, merupakan salah satu pendiri dari tradisi analitik dalam filsafat.

Moore menjadi seorang yang terkenal karena pemikiran analisisnya mengenai konsep-konsep akal sehat, sumbangannya terhadap etika, epistemologi, metafisika, dan karakter moral.

Selain itu, Moore juga terkenal karena pembelaannya terhadap naturalisme non-etis dan penekanannya pada akal sehat dalam metode filosofis. Moore juga dikenal karena sebuah bukunya yaitu Principia Ethica. Principia Ethica adalah salah satu inspirasi utama gerakan melawan naturalisme etika.

Karya- karya George Edward Moore :

  • Some Main Problems Of Philosophy
  • The Reputation Of Idealisme
  • Principia Ethica
  • Proof Of  The External World
  • A Defense Of Common Sense
  • Ethics

Kematian

George Edward Moore meninggal pada tanggal 24 Oktober 1958 saat berumur 84 tahun di Evelyn Nursing Home, Cambridge, Inggris.

Penutup

Itulah biodata George Edward Moore seorang pelopor filsafat analitik. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski