Biodata Hans Adolf Krebs Penemu Daur Urea dan Daur Sitrat

Biodata Hans Adolf Krebs Penemu Daur Urea dan Daur Sitrat

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Hans Adolf Krebs seorang penemu daur urea dan daur sitrat. Penasaran ingin tahu tentang penemu daur urea dan daur sitrat, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Hans Adolf Krebs :

  • Lahir : 25 Agustus 1900 Hildesheim, Germany
  • Meninggal : 22 November 1981 (umur 81) Oxford, England
  • Kebangsaan : Germany
  • Alma mater : University of Göttingen, University of Freiburg, University of Berlin, University of Hamburg
  • Dikenal atas : Discovery of the urea cycle and the citric acid cycle
  • Penghargaan : Penghargaan Nobel (1953), Penghargaan Lasker (1953)
  • Orang tua : Georg Krebs dan Alma
  • Pasangan : Margaret Cicely Fieldhouse
  • Institusi : Kaiser Wilhelm Institute for Biology, University of Hamburg, Cambridge University, University of Sheffield, University of Oxford

Sir Hans Adolf Krebs adalah dokter dan biokimiawan berkewarganegaraan Jerman dan Inggris penerima Penghargaan Nobel bidang Fisiologi dan Kedokteran untuk karyanya dalam menjelaskan proses metabolisme (khususnya dalam menemukan daur urea dan daur sitrat).

Awal kehidupan

Hans Adolf Krebs lahir di Hildesheim, Niedersachsen, Jerman pada tanggal 25 Agustus 1900. Hans dilahirkan dari pasangan Georg Krebs dan Alma.

Hans menyelesaikan sekolahnya di gimnasium Andreanum (setingkat SMA) di kota kelahirannya Hildesheim, kemudian belajar ilmu kedokteran di Universitas Goettingen, Universitas Freiburg im Breisgau dan di Sekolah Kedokteran Berlin dari 1918 sampai 1923.

Dia memperoleh gelar doktor dari Universitas Hamburg, lalu belajar kimia di Berlin. Hingga 1930 dia menjadi asisten dari Otto Heinrich Warburg di Institut Kaiser Wilhelm untuk biologi.

Baca Juga :  Biodata Samuel Morse Penemu Telegraf Listrik

Sejak tahun 1930 Hans bekerja kembali sebagai dokter sebelum kemudian dilarang pada tahun 1933 (ibunya seorang Yahudi) karena dirilisnya Undang-undang Ras oleh rezim NAZI. Undangan dari Universitas Cambridge untuk memperdalam biokimia diterimanya.

Penemuan

Pada tahun 1932 Hans Adolf Krebs telah mengungkap daur urea dan daur sitrat (popular dengan nama daur Krebs) pada proses metabolisme untuk menghasilkan energi pada makhluk hidup.

Karyanya ini membuat Hans mendapat Penghargaan Nobel untuk bidang Kedokteran atau Fisiologi pada tahun 1953. Pada tahun 1945 Hans diangkat menjadi profesor di Universitas Sheffield. Gelar ‘Sir’ diperolehnya dari ratu Inggris Elizabeth II pada tahun 1958.

Kematian

Hans Adolf Krebs meninggal di Oxford, Inggris, pada tanggal 22 November 1981 pada umur 81 tahun.

Penutup

Itulah biodata Hans Adolf Krebs seorang penemu daur urea dan daur sitrat. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org