Biodata Idham Chalid, Pahlawan Nasional

Biodata Idham Chalid, Pahlawan Nasional

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Idham Chalid seorang Pahlawan Nasional. Penasaran ingin tahu tentang biodata Idham Chalid seorang Pahlawan Nasional, simak penjelasannya berikut ini.

Idham Chalid adalah salah satu politisi Indonesia yang berpengaruh pada masanya. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda.

Idham juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR dan Ketua DPR. Selain sebagai politikus ia aktif dalam kegiatan keagamaan dan beliau pernah menjabat Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama pada tahun 1956-1984.

Idham Chalid lahir pada tanggal 27 Agustus 1921 di Satui, bagian tenggara Kalimantan Selatan. Ia merupakan anak sulung dari lima bersaudara.

Ayahnya bernama H Muhammad Chalid, penghulu asal Amuntai yang sekitar 200 kilometer dari Kota Banjarmasin. Saat usia Idham enam tahun, keluarganya pindah ke Amuntai dan tinggal di daerah Tangga Ulin, kampung halaman leluhur ayahnya.

Sejak remaja, Idham Chalid sudah berkiprah dan berkarier di PBNU dan terus menanjak. Ketika NU masih bergabung dengan Masyumi (1950), ia menjadi ketua umum Partai Bulan Bintang Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Idham Chalid juga menjadi anggota DPR RIS (1949-1950). Dua tahun kemudian, Idham terpilih menjadi ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU (1952-1956).

Kemudian, Idham dipilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada tahun 1956. Saat dipercaya menjadi orang nomor satu NU ia masih berusia 34 tahun.

Jabatan tersebut diembannya selama 28 tahun, yaitu hingga tahun 1984 dan menjadikannya orang terlama yang menjadi ketua umum PBNU.

Di bidang eksekutif, Idham beberapa kali jadi menteri, baik saat masa Orde Lama maupun Orde Baru. Pada masa Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda, ia menjabat sebagai wakil Perdana Menteri.

Baca Juga :  Biodata Arafat Nur, Sastrawan Indonesia

Ketika Bung Karno lengser pada tahun 1966, ia menjadi Menteri Utama bidang Kesejahteraan Rakyat dalam Kabinet Ampera I dan Menteri Negara Kesejahteraan dalam Kabinet Ampera II dan Kabinet Pembangunan I.

Setelah itu Idham diangkat menjadi ketua MPR/DPR pada periode 1972 hingga 1977. Dalam posisi pemerintahan, beliau pernah juga mengemban tugas sebagai Ketua DPA.

Kematian dan Penghargaan

Idham Chalid meninggal di Jakarta pada tanggal 11 Juli 2010 saat berusia 88 tahun, Beliau dinugerahi gelar Pahlawan Nasional Indonesi tanggal 7 November 2011 dengan dikeluarkannya Keppres Nomor 113/TK/Tahun 2011.

Penutup

Itulah biodata Idham Chalid seorang Pahlawan Nasional. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

 

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski