Biodata Isaac Newton Penemu Hukum Gravitasi

Biodata Isaac Newton Penemu Hukum Gravitasi

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Isaac Newton seorang penemu hukum gravitasi. Penasaran ingin tahu tentang penemu hukum grafitasi, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Isaac Newton :

Lahir : Inggris, 4 Januari 1643

Meninggal : London, Inggris, 31 Maret 1727

Orang Tua : Robert Newton (ayah), Hannah Ayscough (ibu)

Saudara : Mary Smith, Hannah Smith Pilkington, Benjamin Smith

Dikenal atas : Penemu hukum grafitasi

Pekerjaan : Ilmuwan

Sir Isaac Newton(4 Januari 1643 – 31 Maret 1727) ialah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Newton merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik.

Masa kecil

Sir Isaac Newton dilahirkan di kota Woolsthorpe-by-Colsterworth, hamlet di county Lincolnshire pada tanggal 4 Januari 1643 [KJ: 25 Desember 1642]. Pada saat kelahirannya, Inggris masih mengadopsi kalender Julian, sehingga hari kelahirannya dicatat sebagai 25 Desember 1642 pada hari Natal. Ayahnya, bernama Robert Newton, meninggal tiga bulan sebelum kelahiran Isaac Newton.

Dua tahun kemudian ibunya, Hannah Ayscough Newton, menikah dengan lelaki lain dan meninggalkan Newton dengan neneknya. Newton merupakan anak yang pandai.

Newton memulai sekolah saat tinggal bersama neneknya di desa. Dan kemudian dikirimkan ke sekolah bahasa di daerah Grantham dimana dia akhirnya menjadi anak terpandai di sekolahnya.

Masa remaja

Sejak usia 12 hingga 17 tahun, Newton mengenyam pendidikan di sekolah The Kings School yang terletak di Grantham. Keluarganya ingin mengeluarkan Newton dari sekolah dengan alasan agar dia menjadi petani saja.

Baca Juga :  Biodata Robert Manurung Penemu Minyak Jarak Murni

Bagaimanapun Newton terlihat tidak menyukai pekerjaan barunya. Tapi pada akhirnya setelah meyakinkan keluarga dan ibunya dengan bantuan paman dan gurunya. Newton dapat menamatkan sekolah pada usia 18 tahun dengan nilai yang bagus.

Pada umur delapan belas tahun Newton masuk Universitas Cambridge, disana dia tinggal di sebuah asrama milik apoteker lokal yang bernama William Clarke. Di sinilah Newton secara cepat menyerap apa yang kemudian terkenal dengan ilmu pengetahuan dan matematika dan dengan cepat pula mulai melakukan penyelidikan sendiri.

Ilmu pengetahuan Newton

Saat berusia 21 sampai 27 tahun Isaac Newton sudah meletakkan dasar-dasar teori ilmu pengetahuan yang pada gilirannya kemudian mengubah dunia. Pertengahan abad ke-17 adalah periode pembenihan ilmu pengetahuan.

Penggunaan teropong bintang, penemuan baru untuk penelitian astronomi oleh Newton telah merevolusionerkan penyelidikan bidang itu, dan yang dilakukannya di sektor mekanika telah menghasilkan apa yang kini terkenal dengan sebutan “Hukum gerak Newton” yang pertama.

Dengan berbagai hasil karya ilmiah yang dicapainya, Newton menulis sebuah buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica. Buku tersebut dideskripsikan mengenai teori gravitasi secara umum, berdasarkan hukum gerak yang ditemukannya. Di jelaskan bahwa benda akan tertarik ke bawah karena gaya gravitasi.

Bekerja sama dengan Gottfried Leibniz, Newton mengembangkan teori kalkulus. Newton merupakan orang pertama yang menjelaskan tentang teori gerak dan berperan penting dalam merumuskan gerakan melingkar dari hukum Kepler.

Sir Isaac Newton memperluas hukum tersebut dengan beranggapan bahwa suatu orbit gerakan melingkar tidak harus selalu berbentuk lingkaran sempurna (seperti elipse, hiperbola dan parabola).

Teleskop Reflektor

Isaac Newton sangat hati-hati saat melakukan analisa tentang akibat-akibat hukum pemantulan dan pembiasan cahaya. Berpegang pada hukum ini pada tahun 1668, dia merancang dan sekaligus membangun teropong refleksi pertama, model teropong yang dipergunakan oleh sebagian besar peneliti bintang saat ini.

Baca Juga :  Jawaban Permasalahan Sosial di Sekitar Kita

Penemuan ini, bersamaan dengan hasil-hasil yang diperolehnya di bidang percobaan optik yang sudah diperagakannya, dipersembahkan olehnya kepada lembaga peneliti kerajaan Inggris ketika dia berumur dua puluh sembilan tahun.

Keberhasilan Newton di bidang optik saja mungkin sudah cukup untuk mendudukkan Newton pada urutan daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia. Sementara itu masih ada penemuan-penemuan yang kurang penting di bidang matematika murni dan di bidang mekanika.

Kalkulus Integral

Persembahan terbesarnya di bidang matematika adalah penemuannya tentang “kalkulus integral” yang mungkin dipecahkannya tatkala Newton berumur dua puluh tiga atau dua puluh empat tahun. Penemuan ini merupakan hasil karya terpenting di bidang matematika modern.

Biarpun Newton tidak berbuat sesuatu apapun lagi, penemuan “kalkulus integral”-nya saja sudah cukup memadai untuk menuntunnya ke tangga tinggi dalam daftar urutan buku ini.

Tetapi penemuan-penemuan Newton yang terpenting adalah di bidang mekanika, pengetahuan sekitar bergeraknya sesuatu benda. Galileo merupakan penemu pertama hukum yang melukiskan gerak sesuatu obyek apabila tidak dipengaruhi oleh kekuatan luar.

Tentu saja pada dasarnya semua obyek dipengaruhi oleh kekuatan luar dan persoalan yang paling penting dalam ihwal mekanik adalah bagaimana obyek bergerak dalam keadaan itu.

Hukum Gerak Newton

Masalah ini dipecahkan oleh Newton dalam hukum geraknya yang kedua dan termasyhur dan dapat dianggap sebagai hukum fisika klasik yang paling utama.

Hukum kedua (secara matematika dijabarkan dengan persamaan F = m.a) menetapkan bahwa akselerasi obyek adalah sama dengan gaya netto dibagi massa benda.

Terhadap kedua hukum itu Newton menambah hukum ketiganya yang masyhur tentang gerak (menegaskan bahwa pada tiap aksi, misalnya kekuatan fisik, terdapat reaksi yang sama dengan yang bertentangan) serta yang paling termasyhur penemuannya tentang kaidah ilmiah hukum gaya berat universal.

Keempat perangkat hukum ini, jika digabungkan, akan membentuk suatu kesatuan sistem yang berlaku buat seluruh makro sistem mekanika, mulai dari pergoyangan pendulum hingga gerak planet-planet dalam orbitnya mengelilingi matahari yang dapat diawasi dan gerak-geriknya dapat diramalkan.

Baca Juga :  Sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 71

Newton tidak cuma menetapkan hukum-hukum mekanika, tetapi dia sendiri juga menggunakan alat kalkulus matematik, dan menunjukkan bahwa rumus-rumus fundamental ini dapat dipergunakan bagi pemecahan masalah.

Hukum Newton dapat dan sudah dipergunakan dalam skala luas bidang ilmiah serta bidang perancangan berbagai peralatan teknis. Dalam masa hidupnya, pemraktekan yang paling dramatis adalah di bidang astronomi.

Di sektor ini pun Newton berdiri paling depan. Pada tahun 1678 Newton menerbitkan buku karyanya yang masyhur Prinsip-prinsip matematika mengenai filsafat alamiah (biasanya diringkas Principia saja).

Newton mengemukakan teorinya tentang hukum gaya berat dan tentang hukum gerak. Dia menunjukkan bagaimana hukum-hukum itu dapat difungsikan untuk memperkirakan secara tepat gerakan-gerakan planet-planet berputar mengelilingi matahari.

Persoalan utama gerak-gerik astronomi adalah bagaimana memperkirakan posisi yang tepat dan gerakan bintang serta planet-planet.

Dengan demikian terpecahkan sepenuhnya oleh Newton hanya dengan sekali sambar. Atas karya-karyanya itu Newton sering dianggap seorang astronom terbesar dari semua yang terbesar.

Newton juga memberi sumbangsih besar di bidang thermodinamika (penyelidikan tentang panas) dan di bidang akustik (ilmu tentang suara).

Dan dia pulalah yang menyuguhkan penjelasan yang jernih bagai kristal prinsip-prinsip fisika tentang “pengawetan” jumlah gerak agar tidak terbuang serta “pengawetan” jumlah gerak sesuatu yang bersudut.

Wafat

Isaac Newton menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 31 Maret 1727 di London, Inggris,  dan di kebumikan di Westminster Abbey.

Daftar karya Newton :

  • Method of Fluxions (1671)
  • De Motu Corporum (1684)
  • Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica (1687)
  • Opticks (1704)
  • Reports as Master of the Mint (1701-1725)
  • Arithmetica Universalis (1707)
  • An Historical Account of Two Notable Corruptions of Scripture(1754)

Penutup

Itulah biodata Isaac Newton seorang penemu hukum gravitasi. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Irving Langmuir Penemu Kawat Pijar Dan Tabung Vakum Tinggi

sumber : Biografiku & wikipedia.org

 

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski