Biodata John Walker Penemu Korek Api

Biodata John Walker Penemu Korek Api

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John Walker seorang penemu korek api. Penasaran ingin tahu tentang penemu korek api, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata John Walker :

Lahir : 29 Mei 1781

Meninggal : 1 Mei 1859

Kebangsaan : Inggris

Dikenal atas : penemu korek api

 

Sejak 577 Bangsa Tiongkok  telah mengembangkan korek api sederhana yang terbuat dari batang kayu yang mengadung belerang. Korek api modern pertama ditemukan tahun 1805 oleh K. Chancel, asisten Profesor L. J. Thénard di Paris. Kepala korek api merupakan campuran potasium klorat, belerang, gula dan karet.

Korek api ini dinyalakan dengan menyelupkannya ke dalam botol asbes yang berisi asam sulfat. Korek api ini tergolong mahal pada saat itu dan penggunaannya berbahaya sehingga tidak mendapatkan popularitas.

Penemuan korek api

Korek api yang dinyalakan dengan digesek pertama kali ditemukan oleh kimiawan Inggris bernama John Walker pada tahun 1827. Penemuan itu diawali oleh Robert Boyle pada tahun 1680-an dengan campuran fosfor dan belerang, tetapi usahanya pada waktu itu belum mencapai hasil yang di inginkan.

Walker menemukan campuran antimon (III) sulfida, potasium klorat, natural gum, dan pati dapat dinyalakan dengan menggesekkannya pada permukaan yang kasar.

John Walker (29 Mei 1781 – 1 Mei 1859) adalah kimiawan Inggris yang pada tahun 1826 secara tidak sengaja menemukan korek api gesek dengan mencampur potas dan antimon.

Penjualan pertama yang tercatat dari tokonya adalah pada tanggal 7 April 1827 dengan istilah friction lights. John Walker menolak mempatenkan penemuannya tersebut dan sebaliknya memilih untuk melanjutkan kajian ilmiahnya.

Baca Juga :  Biodata Emilio Segrè Penemu Antiproton, Teknetium, Astatine

Walker juga tidak memberikan komposisi pasti korek api ciptaannya. Di lingkungannya, dia memiliki reputasi sebagai seorang ahli botani, mengembangkan minat pada kajian mineralogi, serta menghabiskan banyak waktunya mengerjakan percobaan kimia.

Korek api (kadang disebut juga geretan atau pematik) adalah sebuah alat untuk menyalakan api secara terkendali. Korek api dijual bebas di toko-toko dalam bentuk paket sekotak korek api.

Sebatang korek api terdiri dari batang kayu yang salah satu ujungnya ditutupi dengan suatu bahan yang umumnya fosfor yang akan menghasilkan nyala api karena gesekan ketika digesekkan terhadap satu permukaan khusus walaupun ada tipe korek api yang dapat dinyalakan pada sembarang permukaan kasar.

Jenis korek api yang menggunakan cairan, seperti naphtha atau butana, disebut korek api gas. John Wolker penemu korek api menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal  1 Mei 1859.

Penutup

Itulah biodata John Walker seorang penemu korek api. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski