Biodata KH Fakhruddin, Pejuang Pergerakan Kemerdekaan Indonesia

KH Fakhruddin

Biodata KH Fakhruddin, Pejuang Pergerakan Kemerdekaan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata KH Fakhruddin seorang tokoh Pejuang Pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata KH Fakhruddin, simak penjelasannya berikut ini.

 

 KH Fakhruddin

 

KH Fakhruddin atau sering dipanggil Muhammad Jazuli adalah seorang pejuang pergerakan kemerdekaan Indonesia dan juga tokoh Muhammadiyah.

Ia tidak pernah mendapat pendidikan di sekolah-sekolah umum. Pelajaran agama mula-mula diterima ayahnya, H. Hasyim, kemudian dari beberapa ulama terkenal di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sesudah itu, ia belajar agama di Mekah selama delapan tahun. Selain sebagai ulama, beliau giat pula dalam pergerakan Nasional. Awalnya beliau bergabung menjadi anggota Budi Utomo, lalu pindah ke Sarekat Islam (SI) dan akhirnya ke Muhammadiyah.

dalam Sarekat Islam karena memang aktivitas di dalam organisasi tersebut lebih cenderung ke hal-hal yang bersifat keagamaan dan sosial. Ini pula yang menyebabkan ia bergabung pada organisasi Gerakan Muhammadiyah.

Di Muhammadiyah, KH Fakhruddin berjasa besar di dalam pendidikan generasi muda yang akan menjadi pemimpin di masa mendatang.

Dia termasuk tokoh yang cekatan dalam bidang sosial. Bukan hanya soal keagamaan saja, namun berbagai bidang ia pernah coba.

Selain itu ia selalu menekankan supaya umat tetap bersatu apapun kondisinya. Ia kemudian berinisiatif untuk membuka percetakan Muhammadiyah. Ini disebutnya sebagai sarana penting untuk berkomunikasi antar umat beragama.

Ia beranggapan bahwa pendidikan sangat dibutuhkan untuk membentuk generasi masa depan yang baik. Dan untuk itu, penyediaan sekolah sangat dibutuhkan.

Dengan alasan itulah, KH Fakhruddin dengan suka rela berpindah dari satu kota ke kota lain mulai dari Jakarta, Pekalongan, hingga Surabaya supaya orang tergerak hatinya untuk mengikuti apa yang ia inginkan terkait perkembangan generasi muda.

Baca Juga :  Biodata Phoebe Snetsinger, Pengamat Burung yang Telah Mencatat 8.398 Spesies Burung

Ia ingin agar Umat Islam tidak kolot dalam penerapan Islam lewat sekolah, supaya kemajuan bisa dicapai. Dia mendapatkan kesematan untuk menjadi pengurus bagian dakwah karena kemampuan yang dimilik.

Pada tahun 1921, ia juga pernah diminta terbang ke Mekkah dalam rangka mengetahui kondisi jemaah haji yang berasal dari Tanah Air.

Tidak hanya mekah, Kairo juga pernah disambanginya dimana saat itu ia diutus untuk hadir dalam acara Konferensi Islam.

Kesibukannya mengurus Muhammadiyah dan usahanya, membuatnya kurang memperhatikan kesehatannya. Menjelang kongres Muhammadiyah di Yogyakarta pada tahun 1929, ia jatuh sakit.

KH Fakhruddin wafat pada tanggal 28 Februari 1929, di Yogyakarta dan dikebumikan di Pakuncen, Yogyakarta. KH. Fakhruddin dinobatkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional pada 26 Juni 1964  atas Keppres No. 163 Tahun 1964

 

Penutup

Itulah biodata KH Fakhruddin seorang tokoh Pejuang Pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski