Biodata Leon Agusta, Sastrawan Indonesia

Leon Agusta

Biodata Leon Agusta, Sastrawan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Leon Agusta seorang Sastrawan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Leon Agusta, simak penjelasannya berikut ini

Leon Agusta

Leon Agusta adalah seorang penyair Indonesia asal Sumatera Barat. Beliau lahir pada tanggal  5 Agustus 1938. di Sigiran, Nagari Tanjung Sani Maninjau, Sumatera Barat.

Leon Agusta merupakan penyair yang datang dengan semangat khas seni modern. Beliau memuja kebebasan dan individualitas, serta menyukai pengembaraan.

Dalam lanskap seni modern, di mana konsep manusia sebagai individu yang lepas dari ikatan dipuja, pengembaraan memiliki posisi penting.

Di dalam perjalanan karir Leon Agusta , pernah menjadi guru SGB Bengkalis pada tahun 1959, lalu menjadi pemimpin Bengkel Teater Padang pada tahun 1972, dan juga pernah menjadi anggota serta Ketua Dewan Kesenian Jakarta.

Beliau mengikuti International Writing Program di Universitas Iowa, Amerika Serikat tahun 1976/1977. Kemudian menerbitkan sebuah kumpulan puisi berjudul Di Sudut-sudut New York Itu pada tahun 1977 dan sebagian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Beliau juga telah menerbitkan kumpulan sajak Monumen Safari pada tahun 1966, kumpulan sajak Catatan Putih pad tahun 1975, novel Di Bawah Bayangan Sang Kekasih tahun 1978, kumpulan sajak Hukla tahun 1979, Berkemah dengan Putri Bangau tahun 1981, dan kumpulan cerpen Hedona dan Masochi tahun 1984.

Karya-karya beliau telah pula diterjemahkan dalam beberapa bahasa di beberapa negara di Eropa, Asia, maupun Amerika.

Setelah menulis puisi selama lebih kurang lima belas tahun dia mengatakan: “Menulis puisi bukan pekerjaan, menjadi penyair bukan tujuan”. Ini dikatakannya dengan kesadaran hidup yang lebih luas dibanding dengan masalah penciptaan puisi semata-mata.

Baca Juga :  Biodata Steve Jobs Penemu Apple Inc

Leon Agusta, Wafat di umur 77 tahun, di Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Padang, Kamis pada tanggal 10 Desember 2015, pukul 16.25 WIB.

Beliau meninggalkan dua orang istri, Lisa Agusta dan Margaret Rose Glade Agusta dan sebelas orang anak. Anaknya dari Lisa Agusta bernama Hukla Inna Alysa Agusta.

Beberapa Karya Leon Agusta antara lain:

  • Monumen Safari, kumpulan puisi (1966)
  • Catatan Putih, kumpulan puisi (1975)
  • Di Bawah Bayangan Sang Kekasih, novel (1978)
  • Hukla, kumpulan puisi (1979)
  • Berkemah dengan Putri Bangau, kumpulan puisi anak-anak (1981)
  • Hedona dan Masochi, kumpulan cerpen (1984).

Penutup

Itulah biodata Leon Agusta seorang Sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : biografi-tokoh-ternama.blogspot.com

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski