Biodata Matt Mullenweg Penemu WordPress

Biodata Matt Mullenweg Penemu WordPress

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Matt Mullenweg seorang penemu WordPress. Penasaran ingin tahu tentang penemu WordPress, simak penjelasannya berikut ini.

Matt Mullenweg adalah pendiri sekaligus pengembang perangkat lunak WordPress. Matt yang lahir di Houston, Texas, Amerika Serikat, pada  tanggal 11 Januari 1984 menempuh pendidikan SMA di bidang Seni Visual dan Pertunjukan.

Matt juga mahir memainkan musik saksofon. Meskipun studinya bukan dibidang teknologi komputer dan programming, Matt berhasil mendirikan serta mengembangkan software yang kini sangat terkenal yakni WordPress.com, Akismet, dan bisnis Automattic-nya.

Sejarah Matt dan WordPress

Pengenalan Matt pada dunia blog sudah ditekuninya sejak tahun 2002 ketika usianya 18 tahun. Ketika itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog b2cafelog. Matt menggunakan blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C.

Namun, beberapa bulan kemudian, blog bbpress tempat Matt mempublikasi fotonya berhenti dalam mengembangkan software-nya. Sebab kondisi seperti itu, muncullah pemikiran kreatif dari Matt.

Pada bulan Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blog-nya bahwa dia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu. Dengan inisiatif sendiri, Matt bersama Mike Little mulai memgembangkan coding WordPress berbasis b2.

Lalu, Mike dan Matt bersama Michel Valdrighi (mantan pengembang b2), mulai aktif mengembangkan WordPress hingga lahirlah WordPress yang Anda kenal saat ini. Pada tanggal 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.

Pada bulan Maret 2003 tepatnya saat Matt berusia 19 tahun, Matt bersama rekannya mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks dari HTML. Setahun kemudian, WordPress meluncurkan fasilitas Ping-O-Matic yang berguna untuk mengirim ping notifikasi kepada search engine blog seperti Technorati. Dan saat ini, Ping-O-Matic telah melayani lebih dari 1 juta ping tiap harinya.

Baca Juga :  Penyebab Buah Jambu Air Rontok dan Cara Mengatasinya

Meskipun Matt merupakan mahasiswa Drop Out (DO) dari kampusnya, ia berhasil menjadi pengusaha muda yang kaya dan sukses. Pada tahun 2007, Matt pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World.

Dan pada pertengahan bulan Januari 2009, Matt berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri sekaligus menjadi tamu utama dalam acara Wordcamp Indonesia 2009 – “1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts”.

Seperti Blogger yang sukses setelah digandeng Google, WordPress-pun berkembang dengan pesat dengan banyak penggunanya di seluruh dunia.

Penutup

Itulah biodata Matt Mullenweg seorang penemu WordPress. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski