Biodata Prof Dr Sardjito, Rektor Pertama Universitas Gadjah Mada atau UGM.

Biodata Prof Dr Sardjito, Rektor Pertama Universitas Gadjah Mada atau UGM.

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Prof Dr Sardjito seorang Rektor Pertama Universitas Gadjah Mada. Penasaran ingin tahu tentang biodata Prof Dr Sardjito, simak penjelasannya berikut ini

Prof Dr Sardjito

 

Prof Dr Sardjito  adalah seorang dokter yang menjadi Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Beliau lahir pada tanggal 13 agustus 1889. Sardjito memulai pendidikannya di Sekolah Rakyat di Purwodadi dan Lumajang antara tahun 1895-1901.

Kemudian, di Sekolah Belanda di Lumajang antara tahun 1901 hingga 1907 . Setelah lulus, beliau melanjutkan sekolah dokter di STOVIA atau sekolah kedokteran di Jawa pada tahun 1907 hingga tahun 1915.

Selesai dari STOVIA, pada tahun 1921-1922 Sardjito melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Amsterdam.

Ayah Prof Dr Sardjito bekerja sebagai seorang guru, hal ini membuatnya selalu peduli dengan dunia pendidikan. Selain pandai dalam pendidikan, Sardjito juga aktif di dalam organisasi dan himpunan mahasiswa. Prof Dr Sardjito pernah menjadi Ketua Budi Utomo cabang Jakarta.

Pada tahun 1920 saat bersekolah di Institus Pasteur, Sarjdito juga pernah menempuh pendidikan di Belanda. Di sana, ia memperdalam pengetahuannya di Berlin.

Prof Dr Sardjito kemudian tertarik untuk melakukan penelitian ktika mengikuti tim peneliti khusus influenza di Institus Pasteur.

Saat itu penyakit influenza memang sedang marak di masyarakat. Selain itu, Sardjito juga turut berkontribusi dalam menciptakan vaksin anti infeksi untuk typus, kolera, disentri, staflokoken, dan streptokoken.

Selain dikenal sebagai seorang dokter dan peneliti, Sardjito juga turut ambil peran pada masa perjuangan Indonesia. Ketika itu pada saat Belanda dan Sekutu masih belum menyerah, mereka terus menyerang beberapa wilayah di Indonesia.

Baca Juga :  Daun Dadap Untuk Bayi, Apa Saja Manfaatnya?

Demi menyelamatkan aset pendidikan dari pertempuran ini, Sardjito pun menyelundupkan buku-buku dari Institut Pasteur ke Klaten dan Solo. Pada tahun 1949, Prof Dr Sardjito kemudiann diangkat menjadi Rektor Universiteit Negeri Gadjah Mada.

Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Prof Dr Sardjito meninggal dunia 5 Mei 1970 pada umur 80 tahun, namanya diabadikan sebagai nama rumah sakit daerah di Yogjakarta yaitu Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito. Pada tanggal 8 November 2019, Prof Dr Sardjito dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Penutup

Itulah biodata Prof Dr Sardjito seorang Rektor Pertama Universitas Gadjah Mada. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Sumber : www.kompas.com