Biodata Sultan Mahmud Riayat Syah, Pahlawan Nasional

Biodata Sultan Mahmud Riayat Syah, Pahlawan Nasional

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Sultan Mahmud Riayat Syah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Sultan Mahmud Riayat Syah, simak penjelasannya berikut ini

Sultan Mahmud Riayat Syah

Sultan Mahmud Syah atau Sultan Mahmud Riayat Syah adalah seorang raja kedelapan dan terakhir dari Kesultanan Melaka. Beliau dipilih sebagai raja menggantikan ayahnya, Sultan Alauddin Riayat Syah I, melangkahi saudaranya yang lebih tua, Munawar Syah.

Sultan Mahmud Riayat Syah terkenal dengan kegigihannya dalam melawan Belanda.Beliau melawan Belanda dengan strategi perang gerilya Laut, sehingga kedaulatan Sultan Mahmud Riayat Syah diakui oleh Belanda sebagai penguasa terbesar kesultanan Lingga-Riau-Johor-Pahang.

Pada tahun 1787 saat Belanda menduduki Ibukota yang sekarang disebut Tanjung Pinang, Sultan Mahmud dengan bantuan persenjataan armada laut dari Raja Sabah berhasil mengusir Belanda.

Pemerintahan Sultan Mahmud Syah atas Malaka berakhir dengan serangan Portugis yang menaklukkan Melaka pada tahun 1511.

Mahmud Syah memindahkan ibu kotanya ke Bintan. Kemudian ibu kota di Bintan dibumihanguskan oleh Portugis, beliau kemudian mengundurkan diri ke Kampar, tempat dia wafat pada tahun 1528.

Putra ke-2 Sultan Mahmud Syah, Alauddin Riayat Syah II selanjutnya mendirikan kerajaan baru di Johor. dan Putra Sulang Sultan Mahmud Syah, Mudzaffar Syah kemudian mendirikan kerajaan baru di Perak.

Sultan Mahmud adalah tokoh yang peduli dengan keberagaman. Berbagai suku di antaranya Bugis, Flores, Jawa dan Melayu dapat bersatu di bawah kepemimpinan Sultan Mahmud Riayat Syah.

Atas jasa-jasa Sultan Mahmud Riayat Syah, Presiden Joko Widodo menganugerahinya gelar Pahlawan Nasional Indonesia. Upacara tersebut dilakukan di Istana Negara pada 9 November 2017 berdasarkan Kepres RI No. 115/TK/ Tahun 2017.

Baca Juga :  Cara Merawat Euphorbia Agar Berbunga Lebat

 

Penutup

Itulah biodata Sultan Mahmud Riayat Syah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Sumber : biografi-tokoh-ternama.blogspot.com