Biodata Yusuf Bilyarta Mangunwijaya, Sastrawan Indonesia

Yusuf Bilyarta Mangunwijaya

Biodata Yusuf Bilyarta Mangunwijaya, Sastrawan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Yusuf Bilyarta Mangunwijaya seorang Sastrawan Indonesia  Penasaran ingin tahu tentang biodata Yusuf Bilyarta Mangunwijaya , simak penjelasannya berikut ini.

Yusuf Bilyarta Mangunwijaya

Yusuf Bilyarta Mangunwijaya adalah seoraneorang arsitek, seorang humanis, seorang sastrawan, juga budayawan. Beliau juga dikenal dengan panggilan populernya, Rama Mangun (atau dibaca “Romo Mangun” dalam bahasa Jawa).

Yusuf Bilyarta Mangunwijaya di kelompkkan sebagai sastrawan angkatan 1980-1990an. Sastrawan ini lahir di Ambarawa, Kabupaten Semarang, paada tanggal 6 Mei 1929, beliau adalah anak sulung dari 12 bersaudara pasangan suami istri Yulianus Sumadi dan Serafin Kamdaniyah.

Romo Mangun dikenal melalui novelnya yang berjudul Burung-Burung Manyar. Mendapatkan penghargaan sastra se-Asia Tenggara Ramon Magsaysay pada tahun 1996.

Beliau banyak melahirkan kumpulan novel seperti di antaranya: Ikan-Ikan Hiu, Ido, Homa, Roro Mendut, Durga/Umayi, Burung-Burung Manyar dan esai-esainya tersebar di berbagai surat kabar di Indonesia.

Buku Sastra dan Religiositas yang ditulisnya mendapat penghargaan buku non-fiksi terbaik pada tahun 1982.

Rama Mangunwafat pada hari Rabu,pada tanggal 10 Februari 1999 pukul 14:10 WIB di Rumah Sakit St. Carolus, Jakarta, setelah terkena serangan jantung saat berbicara di Hotel Le Meridien, Jakarta. Beliau kemudian dimakamkan di makam biara komunitasnya di Kentungan, Yogyakarta.

 

Penutup

Itulah biodata Yusuf Bilyarta Mangunwijaya seorang Sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : biografi-tokoh-ternama.blogspot.com

 

Baca Juga :  Biodata Walther Nernst, Penggagas Hukum Ketiga Termodinamika

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski