Biodata Zuber Usman, Penulis Cerita Pendek dan Perintis Kritik Sastra

Zuber Usman

Biodata Zuber Usman, Penulis Cerita Pendek dan Perintis Kritik Sastra

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Zuber Usman seorang penulis cerita pendek dan perintis kritik sastra. Penasaran ingin tahu tentang biodata Zuber Usman, simak penjelasannya berikut ini.

Zuber Usman

Zuber Usman adalah penulis cerita pendek dan perintis kritik sastra asal Indonesia. Beliau lahir di Padang, pada tanggal 15 Desember 1916 dan meninggal di Jakarta pada 25 Juli 1976.

Beliau dididik di sekolah-sekolah Islam sejak kecil sampai tahun 1937, lalu menjadi guru bahasa. Berkecimpung dalam penulisan cerpen selama pendudukan Jepang di Indonesia dan perjuangan perang kemerdekaan, Zuber terus mengajar dan menulis tentang sastra sampai akhir hayatnya.

Zuber Usman menempuh pendidikan di sekolah-sekolah Islam sejak kecil. Tamat dari Adabiyah School di Padang, beliau belajar ke Sumatra Thawalib di Padang Panjang.

Kemudian, pada tahun 1937, setelah menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi Islamic College di Padang, Zuber pindah ke Batavia (sekarang Jakarta) dan menjadi guru bahasa Melayu di sebuah sekolah Muhammadiyah.

Selama periode pendudukan Jepang di Indonesia antara tahun 1942 hingga tahun 1945 dan perjuangan perang kemerdekaan pada tahun 1945 hingga tahun 1949, Zuber menulis sejumlah cerita pendek yang umumnya berkaitan dengan tema ketekunan dan perjalanan menuju cinta sejati.

Sebelas dari cerita pendek yang Beliau tulis lalu disusun dalam antologi Sepanjang Jalan (dan beberapa cerita lain), yang diterbitkan pada tahun 1953 oleh Balai Pustaka

Selanjutnya, pada tahun 2005, buku itu telah mengalami cetakan ketiga. Setelah itu, ia menerbitkan dua buku sejarah sastra Indonesia, yaitu Kesusastraan Lama Indonesia pada tahun 1954 dan Kesusastraan Baru Indonesia pada tahun 1957.

Baca Juga :  Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi

Bekerja sama dengan H.B. Jassin, ia juga menerjemahkan beberapa karya Poerbatjaraka yang  ditulis dalam Tjerita Pandji pada tahun 1958.

Pada tahun 1960, ia menerbitkan sebuah karya akademis mengenai bahasa dan sastra Indonesia berjudul Kedudukan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Zuber Usman lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 1961 dengan meraih gelar sarjana sastra sebelum mendapatkan diploma pada tahun berikutnya.

Beliau menulis secara ekstensif dan telah menghasilkan beberapa buku di antaranya 20 Dongeng Anak-Anak (1971) dan Putri Bunga Karang (1973).

Guru besar sastra dan bahasa Indonesia di Universitas Sydney Keith Foulcher mencatat Zuber Usman sebagai perintis kritik sastra Indonesia.

Zuber Usman adalah orang yang pertama kali yang mengemukakan ide pembentukan Fakultas Sastra dan Sosial Budaya dalam makalah yang dipaparkannya pada seminar “Pembangunan Daerah Sumatra Barat” di Padang pada tahun 1964.

Makalah tersebut menuntut supaya sarana pendidikan di Sumatra Barat dikembangkan agar provinsi tersebut dapat mengikuti perkembangan nasional, setelah beberapa tahun sebelumnya diasingkan karena menjadi tempat duduknya Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia.

Tetapi, Usman tidak membantu dalam urusan administratif  sehingga fakultas itu didirikan pada tahun 1982.

Penutup

Itulah biodata Zuber Usman seorang penulis cerita pendek dan perintis kritik sastra. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : id.wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski