Jawaban INFORMATIKA Halaman 97-98 Kelas 7

Jawaban INFORMATIKA Halaman 97-98 Kelas 7

Jawaban INFORMATIKA Halaman 97-87 Kelas 7 — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Aktivitas Berpasangan” Muatan Pelajaran INFORMATIKA kelas VII. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi yang terdapat pada buku siswa.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soalnya. Ingat, sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman atau secara berkelompok.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Kunci Jawaban Halaman 97-98 Kelas 7

Aktivitas Berpasangan

Aktivitas SK-K7-07-U: Permasalahan pada Perangkat Keras

Dengan melakukan pencarian informasi di internet, diskusikan pertanyaan berikut dengan teman kalian. Pilih jawab pertanyaan yang paling tepat dari diskusi dan catat di lembar kerja siswa.

a. Pernahkah kalian melihat sebuah alat elektronik, misalnya televisi atau laptop ,yang saat dinyalakan tidak berfungsi seperti biasa? Carilah informasi tentang berbagai kemungkinan alat elektronik atau komputer tidak mau menyala

Jawaban

Alat elektronik tidak dapat menyala karena beberapa sebab, yaitu :
– Komponen dari alat elektronik tersebut yang rusak
– Jika komputer rusak bisa terjadi karena perangkat keras atau perangkat lunaknya. Perangkat keras terdiri dari baterai, keyboard, layer monitor, RAM, sedangkan perangkat lunak diantaranya adalah Sistem Operasi yang rusak (corrupt)

Baca Juga :  Jawaban Matematika Halaman 271 Kelas 7

b. Jika kalian menggunakan laptop dalam 12 jam berturut-turut tanpa dimatikan, kira-kira apa yang akan terjadi?

Jawaban

Laptop memiliki system untuk mendinginkan prosesor. Jika digunakan dalam waktu yang lama, system pendingin tersebut akan bekerja. Namun, tentu ada batas waktu untuk secara optimal dapat bekerja. System pendingin pada laptop berupa kipas. Laptop yang digunakan untuk bekerja biasanya memiliki satu kipas, sedangkan laptop yang digunakan untuk bermain game biasanya terdapat dua kipas untuk mendinginkan

c. Pernahkah kalian melihat baterai smartphone atau bagian belakang smartphone yang menggelembung? Apa kira-kira penyebabnya? Carilah informasi tentang baterai yang menggelembung dengan memanfaatkan mesin pencari.

Jawaban

Baterai menggelembung bisa terjadi karena bebeapa hal, yaitu
– Over charge, baterai telah penuh, tetapi tetap dihubungkan dengan daya listrik
– Menggunakan smartphone sambal di charge
– Menggunakan charge dari merk lain.

d. Menurut kalian, bagaimana caranya komputer mendeteksi adanya error pada alat input-output yang ada di dalamnya?

Jawaban

Pada komputer terapat alat masukan (input) dan keluaran (output) untuk proses pengiriman data. Pada alat tersebut terdapat mekanisme untuk mengecek apakah data yang dikirim dengan yang diterima valid atau tidak. Jika tidak valid, maka komputer akan menunjukan tanda error.

e. Bagaimana cara menemukan solusi untuk HP atau laptop yang mengalami hang (tiba-tiba diam dan tidak berfungsi seperti biasa)? Jika fasilitas internet tersedia, carilah informasi untuk mengatasi komputer dan HP yang nge-hang. Kata kunci apa yang kalian gunakan untuk mencari informasi tersebut?

Jawaban

Cara mengatasi HP atau laptop hang, adalah :
– Restart HP/laptop
– Hapus cache pada HP
– perhatikan RAM pada HP
Kata kunci : Komputer/ponsel hang, windows /Android hang, Troubleshooting laptop/ponsel dll

Baca Juga :  Pengertian Pesawat Faksmili dan Langkah-langkah Menggunakan

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban INFORMATIKA Halaman 97-98 Kelas 7. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih serta memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan materi di depan kelas agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Jawaban INFORMATIKA Halaman 101 Kelas 7
Jawaban INFORMATIKA Halaman 101-102 Kelas 7
Jawaban INFORMATIKA Halaman 105-106 Kelas 7
Jawaban INFORMATIKA Halaman 99 Kelas 7
Jawaban INFORMATIKA Halaman 98 Kelas 7

You May Also Like

About the Author: Ajis