Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Halaman 104

jawaban ips kelas 7 halaman 104

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita, kembali lagi redaksi Waca Berita akan memberikan artikel tentang jawaban pelajaran IPS Kelas 7 SMP MTs Kurikulum Merdeka Halaman 104 yaitu Lembar Aktivitas 14.

Pada tema ini Sobat bisa menemukan pembahasan tentang Diaspora Bangsa Indonesia.

Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Kelas 7 Halaman 104

Pada Halaman 104 buku mata pelajaran IPS SMP Mts Kelas 7 Kurikulum Merdeka pada Aktivitas 14 terdapat pertanyaan berikut ini.

jawaban ips kelas 7 halaman 104

Siapa Syekh Yusuf yang menjadi penyebar Islam di Afrika Selatan?

Jawaban:

Syekh Yusuf adalah ulama sekaligus pahlawan nasional Indonesia yang pernah berjuang dalam menentang penjajahan Belanda.

Syekh Yusuf juga disebut sebagai Syekh Yusuf Abu Mahasil Hadiyatullah Taj al-Khalawati al-Makassari atau Tuanta Salamaka ri Gowa yang artinya “Guru Kami yang Agung dari Gowa”

Syekh Yusuf lahir pada 3 Juli 1626 di Gowa, Sulawesi Selatan. Saat menginjak usia 19 tahun, Syekh Yusuf melanjutkan pendidikan ke luar negeri pada 1645.

Dalam perjalanannya, Syekh Yusuf singgah ke Banten dan Aceh, dan berguru kepada Syekh Nuruddin Hasanji bin Muhammad Hamid al-Quraisyi Raniri hingga menerima ijazah Qadiriyah.

Awalnya Syekh Yusuf diasingkan ke Sri Lanka namun karena masih dianggap berbahaya oleh Belanda akhirnya dipindahkan ke Afrika Selatan.

Disana Syekh Yusuf menyiarkan agama Islam terutama di kalangan para budak yang akhirnya membentuk komunitas Islam.

Hingga akhirnya sebagai bentuk penghormatan, salah satu kota kecil tempat Syekh Yusuf berdakwah dinamakan Macassar.

Baca Juga :  Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 10 – 11 Aktivitas 1.3 Mikrometer Sekrup

Bagaimana peran beliau di Indonesia?

Jawaban:

Syekh Yusuf merupakan pahlawan nasional Indonesia yang ikut menentang penjajahan Belanda. Syekh Yusuf berperan dalam gerilya bersama Kesultanan Banten hingga ia diasingkan.

Syekh Yusuf memimpin pemberontakan dari Gowa. Pada tahun 1683, ia bersama Pangeran Purbaya dan Pangeran Kidul bergerilya untuk melawan Belanda di Tangerang.

Karena Syekh Yusuf dianggap menyulitkan Belanda, ia dibuang ke Sri Lanka yang kemudian dipindahkan ke Cape Town, Afrika Selatan. Meski begitu Syekh Yusuf tidak berhenti berdakwah dan memiliki banyak pengikut.

Demikian Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Kelas 7 Halaman 104

Nah itulah pembahasan tentang Jawaban Lembar Aktivitas 14 IPS Kelas 7 Hal 104. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat semua. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi