Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Halaman 105

jawaban ips kelas 7 halaman 105

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita, kembali lagi redaksi Waca Berita akan memberikan artikel tentang jawaban pelajaran IPS Kelas 7 SMP MTs Kurikulum Merdeka Halaman 105 yaitu Lembar Aktivitas 15.

Pada tema ini Sobat bisa menemukan pembahasan tentang Diaspora Bangsa Indonesia.

Jawaban Lembar Aktivitas 15 IPS Kelas 7 Halaman 105

Pada Halaman 105 buku mata pelajaran IPS SMP Mts Kelas 7 Kurikulum Merdeka pada Aktivitas 15 terdapat pertanyaan berikut ini.

jawaban ips kelas 7 halaman 105

Bagaimana perbedaan orang-orang Indonesia yang merantau ke Malaysia pada masa lalu dan masa kini?

Jawaban

Orang Indonesia Merantau ke Malaysia di Masa Lalu

Pada masa lalu, orang Indonesia banyak memilih bekerja di luar negeri. Salah satu negara yang menampung tenaga kerja Indonesia adalah Malaysia. Tenaga kerja dari Indonesia khususnya dari Jawa dikirim ke Semenanjung Malaya sebagai buruh perkebunan kelapa sawit dan karet.

Jawa memiliki banyak penduduk, dan orang-orang Jawa terkenal bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu pemerintah kolonial Inggris membuka kantor perekrutan di kota besar di Jawa guna menyalurkan tenaga kerja Indonesia.

Tidak hanya orang Suku Jawa, suku lain seperti dari Pulau Sumatera juga banyak yang bermigrasi ke negeri jiran tersebut. Mereka mendirikan pemukiman yang dikenal dengan Kampung Padang Jawa.

Dalam bidang pendidikan dahulu Indonesia mengirim guru-guru terbaik ke malaysia. Era pemerintahan Sukarno, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak tenaga pengajar lulusan perguruan tinggi—bila dibandingkan dengan guru di negara tetangga, bukan rasionya terhadap keseluruhan penduduk.

Baca Juga :  Jawaban Topik Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman Modul 1-4 Lengkap

Kondisi ini menarik perhatian Pemerintah Malaysia yang juga menginginkan perbaikan pendidikan di dalam negeri selepas mendapat kemerdekaan di tahun 1957.

Melihat kompetensi guru Indonesia yang cukup menarik di mata negara asing, khususnya Malaysia, Pemerintah Orde Baru mulai mengirim tenaga guru terdidik ke Malaysia sebagai bagian langkah normalisasi hubungan Indonesia-Malaysia pada 1966.

Ekspor guru ke Malaysia juga berasal dari permintaan langsung Pemerintah Malaysia sebagai tindak lanjut terbentuknya kembali lembaga persahabatan kedua negara.

Guru Indonesia di Malaysia kala itu umumnya ditugaskan selama tiga tahun di sekolah-sekolah menengah yang menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar.

Mereka bertugas memperbaiki tata bahasa Melayu pelajar-pelajar Malaysia yang terbiasa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Selain itu, ada pula upaya memperbaiki kurikulum sains peninggalan Inggris yang dinilai sudah usang.

Sampai Juni 1972, terdapat 175 guru Indonesia yang tinggal dan bekerja di Malaysia.

Orang Indonesia Merantau ke Malaysia di Masa Kini

Pada masa kini, orang-orang Indonesia merantau ke Malaysia untuk bekerja. Namun jenis pekerjaannya berbeda dari masa lalu.

Pekerjaan yang dilakukan zaman sekarang sangat beragam, tidak terbatas hanya sebagai buruh perkebunan saja.

Pemerintah Indonesia sendiri juga memang masih melakukan pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Malaysia dengan alasan perekonomian.

Di samping untuk bekerja, orang Indonesia yang merantau ke Malaysia juga mempunyai tujuan lain, salah satunya adalah mengenyam pendidikan.

Kondisi dunia keguruan di Indonesia saat ini berbanding terbalik dengan apa yang terjadi puluhan tahun silam.

Demikian Jawaban Lembar Aktivitas 15 IPS Kelas 7 Halaman 105

Nah itulah pembahasan tentang Jawaban Lembar Aktivitas 15 IPS Kelas 7 Halaman 105. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat semua. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 116 Apakah menurut kalian yang membuat benang terasa bergetar

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi