kefir air kelapa
kefir air kelapa

Kefir Air Kelapa, Khasiat dan Cara Membuatnya

Kefir Air Kelapa, Khasiat dan Cara Membuatnya – Mendengar kata kefir, yang terlintas dalam pikiran kita adalah masker wajah. Memang benar, kefir diinovasikan sebagai masker perawatan wajah. Bahkan kita bisa menemukan banyak sekali merk masker kefir di pasaran sekarang ini.

Bagi Sobat Waca Berita yang belum tahu, kefir sebenarnya adalah minuman fermentasi. Kefir dibuat dari susu sapi atau kambing yang dicampur dengan biji kefir (semacam jamur dan bakteri). Biji kefir inilah yang bertugas memfermentasikan susu, membuatnya kaya akan kandungan probiotik, antioksidan, mineral, dan vitamin. Manfaatnya sangat baik untuk kesehatan. Bisa pula dijadikan masker wajah untuk mengatasi hiperpigmentasi dan membuat wajah sobat menjadi glowing.

Kefir Air Kelapa Cocok Untuk Kamu yang Alergi Susu

Bagi sobat yang tidak suka susu, bisa menggantinya dengan coconut water kefir atau kefir air kelapa. Sesuai namanya, kefir ini terbuat dari kombinasi kelapa dan biji kefir. Fermentasi yang terjadi membuat air kelapa yang awalnya kaya akan elektrolit dan enzim jadi memiliki kandungan probiotik.

Berbeda dengan susu, bibit kefir atau grain untuk bahan dasar kelapa umumnya bening atau nondairy grain. Bibit kefir ini bisa sobat dapatkan di marketplace.

Khasiat Kefir Kelapa

Kandungan kefir berbahan dasar kelapa lebih kompleks daripada air. Kefir kelapa antara lain mengandung potasium, sodium, klorida, kalsium, dan magnesium. Mineral itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kebutuhan mineral tubuh, serta menyeimbangkannya.

Khasiat lain kefir kelapa untuk menstabilkan tekanan darah tinggi dan mencegah pendarahan. Selain itu kefir ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Cara Membuat Kefir Air Kelapa Sendiri

Berikut langkah mudah membuat kefir kelapa sendiri di rumah:

  1. Pilih 3-4 buah kelapa muda segar
  2. Tuangkan dan saring airnya ke dalam wadah plastik atau kaca
  3. Masukkan 5 gram bibit kefir. Kemudian aduk hingga rata
  4. Masukkan air kelapa ke botol atau stoples berpenutup rapat, isi botol hanya separuh, sisakan 50% udara pada botol untuk fermentasi
  5. Kemudian diamkan hingga 48 jam pada suhu ruang. Kefir bisa dipanen dengan menyisakan sepertiga air pada botol atau stoples. Simpan pada botol plastik. Penyimpanan beku bisa bertahan 3-6 bulan. Penyimpanan di lemari pendingin bisa bertahan 1 bulan.
  6. Sisa cairan pada botol atau stoples bisa ditambahkan kembali air kelapa segar untuk proses perbanyakan. Idealnya 7-10 kali pengulangan.
Baca Juga :  Biodata Kwee Tek Hoay, Sastrawan Melayu Tionghoa

Demikian informasi tentang kefir air kelapa, khasiat dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat ya Sob!

Pencarian Populer : https://wacaberita com/kefir-air-kelapa/Manfaat kefir air kelapa