Kunci Aktivitas 5.3 halaman 116 dan 117 Jari-jari atom sebagai Sifat Keperiodikan Unsur IPA SMA Kelas 10

Wacaberita.com – Kunci Aktivitas 5.3 halaman 116 dan 117 Jari-jari atom sebagai Sifat Keperiodikan Unsur IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Aktivitas 5.3 halaman 116 dan 117 Jari-jari atom sebagai Sifat Keperiodikan Unsur IPA SMA Kelas 10. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Aktivitas 5.3 halaman 116 dan 117 Jari-jari atom sebagai Sifat Keperiodikan Unsur IPA SMA/SMK Kelas 10

AKTIVITAS 5.3

Bekerjalah dalam kelompok. Analisislah diagram pada Gambar 5.4 untuk menjawab pertanyaan berikut dan komunikasikan hasilnya dalam diskusi kelas.

(1) Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom dalam satu periode (baca: dari kiri ke kanan) jika dihubungkan dengan bertambahnya nomor atom?

(2) Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan (baca: dari atas ke bawah) jika dihubungkan dengan bertambahnya nomor atom. Jelaskan unsur manakah yang memiliki jari-jari atom terpendek dan manakah yang terpanjang jari-jari atomnya.

Jawaban:

(1) Kecenderungan Jari-jari Atom dalam Satu Periode

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 145 Apa kebiasaan masyarakat yang masih terlihat di lingkungan kalian

Kecenderungan jari-jari atom dalam satu periode dari kiri ke kanan adalah makin mengecil sebab meskipun jumlah kulit sama namun bertambahnya nomor atom adalah bertambahnya massa atom (proton) yang bermuatan positif. Dengan demikian terjadi gaya tarik-menarik yang lebih kuat antara inti atom yang bermuatan positif terhadap elektron valensi yang bermuatan negatif sehingga jari-jari atom memendek. Unsur dengan jari-jari atom terpendek adalah unsur He.

(2) Kecenderungan Jari-jari Atom dalam Satu Golongan

Kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan dari atas ke bawah adalah makin membesar sebab bertambahnya jumlah kulit atom menambah panjang jarak dari inti atom ke elektron valensi. Gaya tarik-menarik antara inti atom dan elektron valensi pun melemah dengan semakin bertambahnya kulit atom. Hal ini akan membuat elektron valensi mudah lepas. Unsur dengan jari-jari atom terpanjang adalah unsur Fr.

Demikian materi Kunci Aktivitas 5.3 halaman 116 dan 117 Jari-jari atom sebagai Sifat Keperiodikan Unsur IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Baca Juga :  Kunci Aktivitas 4.1 halaman 78 Ciri-ciri Reaksi Kimia IPA SMA Kelas 10