Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 120 121 122 Apa manfaat atau fungsi dari alat yang kalian buat

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 120 121 122 Apa manfaat atau fungsi dari alat yang kalian buat. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Proyek Belajar

Pada proyek belajar bab ini, kalian akan membuat sendiri alat yang menggunakan transformasi energi. Kalian bisa memilih salah satu alat dari pilihan berikut:
1. oven matahari;
2. baterai lemon;
3. gitar kardus;
4. kincir air.

Langkah Pengerjaan Proyek
1. Siapkan buku tugas yang akan menjadi jurnal proyek.
2. Buatlah alat sesuai petunjuk yang diberikan (lihat Lampiran Buku untuk cara membuatnya).
3. Jika kalian mempunyai ide untuk membuat alat lain, silakan konsultasikan dengan guru kalian.
4. Di akhir kegiatan, kalian akan mempresentasikan alat di depan teman-teman.

Jawaban :

Projek Belajar Membuat Kincir Air

Tujuan Percobaan:
Membuktikan perubahan bentuk energi pada kincir air.

Alat dan Bahan
– 2 buah botol minuman bekas (Aqua 1,5 liter)
– Lidi/tusuk sate/potongan bambu
– Gunting
– Lem tembak
– Solder/paku
– Kran air

Langkah Pengerjaan Proyek:

1. Gunting botol plastik plastik menjadi 2 bagian. Bagian bawah untuk memasukan kincir, sedangkan bagian atas (yang ada tutupnya kita jadikan kincir air.

2. Potong bagian atas botol menjadi 6 bagian dan jadikan tutup botol sebagai titik tengah kincir. Buka potongan melebar. Bagian ini nantinya digunakan untuk kincir bagian luar.

3. Ambil tutup botol kedua dan buat kincir air kecil (diletakan dalam potongan botol). Satukan bagian kincir kecil menggunakan lem tembak.

4. Buat lubang pada kedua kincir (kincir besar dan kecil) pada bagian tengah menggunakan solder.

5. Buat lubang 2 buah lunang pada potongan botol bekas menggunakan solder. Lubang ini harus lurus,

6. Masukan tusuk sate/lidi ke dalam potongan botol. Masukan ke lobang pertama sambil memasukkan kincir kecil. Setelah tembus ke lobang kedua baru masukan kincir besar. Agar tidak goyang perkuat dengan lem tembak pada kedua kincir.

7. Pastikan kincir dapat bergerak dengan lancar dan kincir air siap digunakan.

Hasil Percobaan:
Dari hasil percobaan terbukti bahwa kincir air dapat berputar saat dialiri air kran. Hal tersebut menunjukkan bahwa energi potensial/gravitasi pada air dapat berubah menjadi energi gerak yang dapat menggerakan kincir.

Laporan Pengerjaan Proyek
Dengan melihat produk yang kalian buat, jelaskanlah perubahan bentuk energi yang terjadi pada alat tersebut. Buatlah dalam bentuk bagan. Kalian bisa menambahkan gambar agar lebih menarik.

Baca Juga :  Kunci Ayo Cek Pemahaman halaman 148 149 dan 145 IPA SMA Kelas 10

Jawaban : Kincir air memanfaatkan energi potensial/gravitasi air untuk menggerakkan baling-baling. Aliran air dapat membantu memutar kincir air. Perubahan energi yang terjadi pada kincir air adalah energi potensial gravitasi air menjadi energi gerak.

Dalam kehidupan sehari-hari kincir air juga dimanfaatkan manusia untuk berbagai aktivitas. Petani menggunakan kincir air untuk pengairan atau irigasi sawah. Nelayan menggunakan kincir air juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenagaair. Pada pembangkit listrik tenaga air, kincir air dapat memutar turbin dalam mesin pembangkit pembangkit listrik atau generator dan menghasilkan energi listrik. Kecepatan perputaran turbin dipengaruhi oleh derasnya aliran air.

Refleksi kegiatan Proyek

1. Apa manfaat atau fungsi dari alat yang kalian buat?

Jawaban : Kincir air dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik.

2. Apa pengalaman menarik yang kalian dapatkan saat membuat alat ini?

Jawaban : Pengalaman menarik saat membuat alat ini adalah ternyata energi gerak air dapat digunakan untuk menggerakan kincir.

3. Apa hambatan yang kalian dapatkan saat melakukan proyek ini?

Jawaban : Saat menggunakan solder dan lem tembak tangan kita takut terkena panas.

4. Apakah kalian sudah merasa cukup mandiri saat melakukan proyek ini? Mengapa? (Sebutkan sikap kalian yang menunjukkan perilaku mandiri.)

Jawaban : Saya merasa cukup mandiri karena dapat mengerjakan tugas ini tanpa bantuan orang lain.

5. Jika proyek ini dikerjakan berkelompok: Apakah kalian merasa sudah berpartisipasi aktif dalam proyek ini? Mengapa? (Sebutkan partisipasi yang kalian berikan.)

Jawaban : Saya sudah berpartisipasi secara aktif dengan mengerjakan tugas yang diberikan kepada saya.

6. Sikap apa yang mau kalian perbaiki untuk proyek selanjutnya?

Jawaban : Sikap yang perlu diperbaiki pada proyek selanjutnya adalah kerja sama dalam kelompok karena masih ada teman anggota kelompok yang melalaikan tugas yang diberikan.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 43 Menurut kalian, apakah ada perbedaan bentuk air pada botol plastik, gelas kaca/plastik dan wadah transparan

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 120 121 122 Apa manfaat atau fungsi dari alat yang kalian buat. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.