Faktor apa saja yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem

Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 69 Faktor apa saja yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 69 Faktor apa saja yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Mari Refleksikan

1. Apakah hal menarik atau ilmu baru yang kalian pelajari hari ini?

Jawaban : Kita menjadi tahu penyebab kerusakan ekosistem dan keseimbangan ekosistem beserta dampak ketidakseimbangan ekosistem

2. Faktor apa saja yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem?

Jawaban : Faktor utama yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem ialah bencana alam, contohnya gunung meletus, tsunami, banjir dan ulah manusia contohnya kebakaran hutan, perburuan liar dan lain-lain.

3. Apakah hubungan jaring-jaring makanan dengan keseimbangan ekosistem?

Jawaban : Jaring-jaring makanan membantu tetap terkendalinya pertumbuhan makhluk hidup di dalam ekosistem. Dengan adanya makhluk hidup yang menjadi sumber makanan, maka populasi makhluk hidup akan tetap terjaga. Namun, jika salah satu komponen hilang dapat menyebabkan hilangnya satu sumber makanan.

4. Bagaimana proses transfer energi jika ada suatu komponen yang hilang/ rusak?

Jawaban : Transfer energi dapat berkurang atau tidak terjadi sama sekali.

5. Apa peran manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem?

Jawaban : Manusia berperan menjaga keseimbangan dan memastikan jaring-jaring makanan tetap berjalan jika ada perunahan dalam ekosistem.

6. Apa yang bisa kalian lakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar kalian?

Jawaban : Yang bisa dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar ialah.

  • Menanam kembali tanaman sehingga dapat menjaga keberadaan produsen di sekitar kita.
  • Memanfaatkan dekomposer untuk membuat tanah di sekitar tetap subur.
  • Tidak melakukan perburuan atau menangkap hewan sembarangan.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 32 Apakah suara keras baik untuk telinga kita

Belajar Lebih Lanjut

Penyebab Ketidakseimbangan Ekosistem

Umumnya, gangguan pada ekosistem bisa terjadi karena adanya bencana alam dan ulah manusia. Bencana alam, seperti gunung meletus dan kebakaran hutan akibat kemarau panjang dapat merusak ekosistem karena banyak makhluk hidup yang mati. Namun, fenomena alam ini pada jangka panjang dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi ekosistem tersebut. Tanah di sekitar gunung yang meletus seiring dengan berjalannya waktu akan menjadi tanah yang subur untuk pertumbuhan aneka macam tumbuhan.

Banyak ulah manusia di Bumi ini yang membuat perubahan di ekosistem dan menyebabkan terganggunya keseimbangan jaring-jaring makanan yang ada di alam. Gambar-gambar berikut merupakan contoh perubahan yang mengganggu keseimbangan ekosistem.

Mempelajari ekosistem mengajarkan pada kita bahwa manusia hidup berdampingan dengan makhluk hidup lainnya. Sehingga, jangan sampai kita terlalu fokus mengambil dari alam dan sedikit memikirkan dampak selanjutnya pada hewan dan tumbuhan di sekitarnya. Oleh karena itu, mempelajari hal ini menjadi penting. Dengan demikian, kita bisa tetap mengupayakan keseimbangan ekosistem di sekitar kita. Contoh upaya yang bisa kita lakukan di antaranya:
a. Menanam kembali tanaman sehingga dapat menjaga keberadaan produsen di sekitar kita.
b. Memanfaatkan dekomposer untuk membuat tanah di sekitar kita menjadi subur.
c. Tidak membunuh atau menangkap hewan sembarangan.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 Halaman 69 Faktor apa saja yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.