Perbedaan Benih dan Bibit Dalam Budidaya Tanaman

Perbedaan Benih dan Bibit Dalam Budidaya Tanaman

Perbedaan Benih dan Bibit Dalam Budidaya Tanaman – Jika berkecimpung dalam dunia budidaya tanaman ada banyak istilah yang harus kita pahami terlebih dahulu. Salah satu istilah tersebut adalah Benih dan Bibit. Ya, memang untuk memulai budidaya tanaman kita memang tidak bisa lepas dari hal terebut. Namun, apakah sobat waca berita mengetahui perbedaan Benih dan bibit.

Memang tanpa kedua hal tersebut mustahil tanaman dapat tumbuh dan berkembang. Hal teresbut dikarenakan menjadi awal mula tumbuhan. Sobat waca berita yang memang berkecimpung dalam dunia pertanian ataupun budidaya tanaman tentunya sudah mengetahui dengan betul perbedaannya. Nah, kali ini waca berita akan memberikan informasi mengenai beda benih dan bibit dalam budidaya tanaman. Hal ini dikarenakan kedua hal tersebut sebenarnya berbeda. Dan masih banyak yang bingung dalam mengartikan dua hal ini.

Pengertian Benih dan Bibit

Sebelum membahas Perbedaan Benih dan Bibit, kita akan bahas satu persatu pengertiannya, sehingga nantinya kita akan mudah dalam membedakannya

Pengertian Benih

Pengertian Benih adalah Cikal bakal atau calon Tumbuhan yang berupa biji tanaman yang sudah mengalami perlakuan khusus sehingga dapat di jadikan Tanaman perkembangbiakan. Jadi bisa disimpulkan bahwa benih adalah Calon tanaman yang masih berupa biji. Benih ini biasanya bisa di dapatkan dari buah tanaman yang nantinya akan menjadi tanaman utuh yang memiliki daun, akar, batang, bunga, buah dan bagian lainnya dari tanaman.

Perbedaan Benih dan Bibit Dalam Budidaya Tanaman

Pengertian Bibit

Sedangkan pengertian Bibit adalah Calon atau cikal bakal tumbuhan yang berupa tumbuhan muda atau tumbuhan kecil. Tumbuhan muda ini juga sudah mengalami masa penyemaian dan sudah memiliki daun. Sehingga sudah bisa kita tanam di Lahan yang disiapkan. Dari penjelasan tersebut berarti Bibit adalah tumbuhan Muda yang berukuran masih kecil yang sudah memiliki daun, akar, batang muda dan sudah berbentuk tanaman. Bibit bukan berupa biji lagi seperti pada awal penyemaiannya.

Baca Juga :  Membuat Pupuk Alami Untuk Cabe yang Murah dan Mudah

Perbedaan Benih dan Bibit

Pada intinya benih pasti berasal dari biji, namun tidak semua biji merupakan benih. Hal ini dipengaruhi karena kualitas benih yang ada dalam buah tidak semuanya bagus. Sehingga harus ada seleksi terlebih dahulu untuk memisahkan mana benih yang bagus dan mana benih yang memiliki kualitas yang jelek. Apabila kualitas benih jelek maka benih tersebut tidak akan dapat tumbuh menjadi bibit. Memang biasa ditemukan dalam beberapa kasus tertentu, benih tersebut bisa menjadi bibit. Namun, setelah ditanam, tumbuhan yang berasal dari Benih tersebut tidak maksimal bahkan tidak mampu untuk memproduksi buah. Dan hanya benih dengan kualitas unggul saja yang bisa menjadi tanaman yang menghasilkan.

Demikianlah penjelasan Perbedaan Benih dan Bibit Dalam Budidaya Tanaman yang bisa waca berita bagikan. Semoga sobat waca berita yang ingin memulai usaha budidaya tanaman baik itu tanaman buah atau tamanan hias bisa mengetahui hal ini. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski