Biodata Acep Zamzam Noor, Sastrawan Indonesia

Acep Zamzam Noor

Biodata Acep Zamzam Noor, Sastrawan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Acep Zamzam Noor seorang Sastrawan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Acep Zamzam Noor, simak penjelasannya berikut ini.

Acep Zamzam Noor

Acep Zamzam Noor adalah seorang sastrawan asal Indonesia. Acep dibesarkan dalam lingkungan pesantren Indonesia. Sastrawan ini lahir pada tanggal 28 Februari 1960 ,di Tasikmalaya .

Acep Zam Zam Noor kecil sampai remaja menghabiskan waktunya di pondok pesantren. Kepenyairannya lahir di Cipasung, tepatnya di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya.

Acep merupakan putra sulung dari K. H. Ilyas Ruhiat, seorang ulama kharismatis dari Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya.

Kemudian, ia menikahi seorang santri bernama Euis Nurhayati dan mempunyai lima orang anak bernama Rebana Adawiyah, Imana Tahira, Diwan Masnawi, Abraham Kindi dan Luna.

Acep menghabiskan masa kecil dan remajanya di lingkungan pesantren, lalu melanjutkan pendidikan pada Jurusan Seni Lukis Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, lalu Universitá Italiana per Stranieri, Perugia, Italia.Hingga kini, tinggal di Desa Cipasung, Tasikmalaya.

Pada tahun 2020, komponis Ananda Sukarlan membuat musik dari beberapa puisi Acep Zamzam Noor dan diperdanakan oleh penyanyi tenor Nikodemus Lukas, di video konser “Ananda Sukarlan di Sriwijaya” berlokasi di Muaro Jambi, ditayangkan di kanal Youtube “Budaya Saya”.

Penghargaan

  • Penghargaan Penulisan Karya Sastra Depdiknas (2000)
  • South East Asian (SEA) Write Award dari Kerajaan Thailand (2005)
  • Khatulistiwa Literary Award (2007)
  • Hadiah Sastra Rancage 2012 untuk kumpulan sajak Paguneman

Karya

Karya Acep Zam Zam Noor:
1. Tamparlah Muka (1982)
2. Aku Kini Doa (1986)
3. Kasidah Sunyi (1989)
4. Dayeuh Matapoe (puisi Sunda, 1993)
5. Dari Kota Hujan (1996)
6. Di Luar Kota (1996)
7. Di Atas Umbria (1999)
8. Dongeng dari Negeri Sembako (2001)
9. Jalan Menuju Rumahmu (2004)

Baca Juga :  Biodata Arthur Wynne Penemu Teka-teki Silang

Penutup

Itulah biodata Acep Zam Zam Noor seorang Sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : id.wikipedia.org

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski