Biodata Andrea Hirata, Novelis asal Indonesia

Andrea Hirata

Biodata Andrea Hirata, Novelis asal Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Andrea Hirata seorang Novelis asal Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Andrea Hirata, simak penjelasannya berikut ini.

Andrea Hirata

Andrea Hirata adalah salah satu novelis terkenal asal Indonesia. Salah satu novel Karya Andrea Hirata yang paling terkenal yaitu Novel Laskar Pelangi yang ceritanya sangat menginspirasi bahkan kisah novel tersebut di angkat ke layar lebar.

Nama lengkapnya adalah Andrea Hirata Seman Said Harun dan sempat berganti sebanyak tujuh kali. Pria kelahiran Pulau Belitung, Bangka Belitung, pada tanggal 24 Oktober 1967.

Andrea Hirata tumbuh dalam keluarga miskin yang tidak jauh dari tambang timah milik pemerintah, yakni PN Timah (sekarang PT Timah Tbk.)

Hirata memulai pendidikan tinggi dengan gelar di bidang ekonomi dari Universitas Indonesia. Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi, Andrea Hirata sangat menggemari sains–fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra.

Andrea Hirata lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya.

Kemudian setelah menerima beasiswa dari Uni Eropa, Andrea Hirata mengambil program master di Eropa, pertama di Universitas Paris, lalu di Universitas Sheffield Hallam di Inggris; tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tersebut lalu lulus cum laude.

Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi ilmiah.

Andrea Hirata merilis novel Laskar Pelangi pada tahun 2005. Novel ini ditulis dalam waktu enam bulan berdasarkan pengalaman masa kecilnya di Belitung.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Senin 28 November 2022

Beliau kemudian menggambarkannya sebagai “sebuah ironi tentang kurangnya akses pendidikan bagi anak-anak di salah satu pulau terkaya di dunia.”. Novel ini terjual lima juta eksemplar, dengan edisi bajakan terjual 15 juta lebih. Novel ini menghasilkan trilogi novel, yakni Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.

Novel karya Andrea Hirata

  • Laskar Pelangi (2005)
  • Sang Pemimpi (2006)
  • Edensor (2007)
  • Maryamah Karpov
  • Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas (2010)
  • Sebelas Patriot (2011)
  • Laskar Pelangi Song Book (2012)
  • Ayah (2015)

Penutup

Itulah biodata Andrea Hirata seorang Novelis asal Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski