Biodata Augustin-Jean Fresnel Penemu Lensa Fresnel

Biodata Augustin-Jean Fresnel Penemu Lensa Fresnel

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Augustin-Jean Fresnel seorang penemu lensa fresnel. Penasaran ingin tahu tentang penemu lensa fresnel, simak penjelasannya berikut ini.

Augustin-Jean Fresnel (10 Mei 1788 – 14 Juli 1827) adalah seorang insinyur sipil dan fisikawan asal Prancis, yang menemukan Lensa Fresnel atau jenis lensa kompak komposit yang digunakan di mercusua. Temuan Fresnel itu disebut “penemuan yang menyelamatkan satu juta kapal.”

Desainnya membolehkan arsitektur lensa dengan apertur besar serta jauh fokus pendek tanpa massa serta daya muat material yang dibutuhkan oleh lensa konsep konvensional. Lensa Fresnel bisa terbuat jauh lebih pipih dari lensa konvensional yang cocok, sebagian permasalahan berupa kepingan latar.

Bentuk dioptrik yang lebih sederhana dari lensa pertama kali diusulkan oleh Count Buffon, dan secara independen diciptakan kembali oleh Fresnel. Bentuk katadioptrik lensa, seluruhnya ditemukan oleh Fresnel, memiliki elemen luar yang menggunakan refleksi internal total serta refraksi, dapat menangkap lebih banyak cahaya miring dari sumber cahaya dan menambahkannya ke berkas cahaya mercusuar, membuat cahaya terlihat dari jarak yang lebih jauh.

Lensa Fresnel yang dikembangkan Augustin-Jean Fresnel

Lensa Fresnel mengurangi jumlah material yang dibutuhkan dibandingkan dengan lensa konvensional dengan membagi lensa menjadi sekumpulan bagian lingkaran konsentris. Lensa Fresnel yang ideal akan memiliki jumlah bagian yang tak terbatas.

Di setiap bagian, ketebalan keseluruhan diturunkan dibandingkan dengan lensa sederhana yang setara. Ini secara efektif membagi permukaan kontinu lensa standar menjadi satu set permukaan dengan kelengkungan yang sama, dengan diskontinuitas bertahap di antara keduanya.

Pada beberapa lensa, permukaan lengkung diganti dengan permukaan datar, dengan sudut berbeda di setiap bagiannya. Lensa semacam itu dapat dianggap sebagai susunan prisma yang disusun secara melingkar, dengan prisma yang lebih curam di tepinya, dan pusat yang datar atau agak cembung.

Baca Juga :  Biodata Paul Kollsman Penemu Altimeter

Pada lensa Fresnel pertama (dan terbesar), setiap bagian sebenarnya adalah prisma terpisah. Lensa Fresnel ‘satu bagian’ kemudian diproduksi, digunakan untuk lampu depan mobil, lensa rem, parkir, dan lampu sein, dan seterusnya.

Konsep lensa Fresnel membolehkan penurunan ketebalan yang kasar( serta pula massa serta daya muat material), dengan mempertaruhkan mutu pembayangan lensa, seperti itu penyebabnya aplikasi pembayangan yang pas semacam fotografi umumnya sedang memakai lensa konvensional yang lebih besar.

Lensa fresnel biasanya terbuat dari kaca atau plastik, ukurannya bervariasi dari besar (mercusuar bersejarah lama, ukuran meteran) hingga sedang (alat bantu membaca buku, proyektor viewgraf OHP) hingga kecil (layar kamera TLR / SLR, mikro-optik). Dalam banyak kasus, mereka sangat tipis dan datar, hampir fleksibel, dengan ketebalan dalam kisaran 1 hingga 5 mm (0,04 hingga 0,2 inci).

Kebanyakan lensa Fresnel modern hanya terdiri dari elemen bias. Namun, lensa mercusuar cenderung menyertakan elemen pembias dan pemantul, yang terakhir berada di luar cincin logam yang terlihat pada foto.

Sementara elemen dalam adalah bagian dari lensa bias, elemen luarnya adalah prisma pemantul, yang masing-masing melakukan dua refraksi dan satu refleksi internal total, untuk menghindari kehilangan cahaya yang terjadi pada pantulan dari cermin perak.

Penutup

Itulah biodata Augustin-Jean Fresnel seorang penemu lensa fresnel. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : dariberbagai sumber