Biodata Buckminster Fuller Penemu Geodesik Kubah

Biodata Buckminster Fuller Penemu Geodesik Kubah

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Buckminster Fuller seorang penemu geodesik kubah. Penasaran ingin tahu tentang penemu geodesick kubah, simak penjelasannya berikut ini.

Richard Buckminster Fuller (12 Juli 1895 – 1 Juli 1983) adalah seorang arsitek, teoretikus sistem, penulis, visioner, desainer, dan penemu asal Amerika. Fuller mengembangkan berbagai penemuan, terutama desain-desain arsitektur, dan yang paling populer ialah “Kubah Geodesic”, dinamakan demikian oleh para ilmuwan karena kemiripannya dengan bola geodesik.

Biografi

Buckminster Fuller lahir pada tanggal 12 Juli 1895 di Milton, Massachusetts. Fuller ialah putra dari pasangan Richard Buckminster Fuller dan Caroline Wolcott Andrews. Fuller menghabiskan sebagian besar masa mudanya di Pulau Bear, Teluk Penobscot, lepas pantai Maine.

Fuller mengalami kesulitan dengan geometri, tidak mampu memahami abstraksi untuk membayangkan bahwa sebuah titik kapur di papan tulis merupakan titik matematika, atau bahwa garis yang ditarik tidak sempurna dengan panah di ujungnya merupakan rentak tak hingga.

Fuller sering membuat suatu benda dari bahan-bahan yang dibawanya pulang dari hutan dan kadang-kadang membuat sendiri alatnya. Fuller bereksperimen merancang alat baru tenaga manusia untuk menggerakkan perahu kecil.

Sebelum usia 12 tahun, Fuller telah “menciptakan” sistem ‘tarik dorong’ untuk menggerakkan barisan perahu melalui penggunaan payung terbalik yang terhubung ke dayung sederhana yang memungkinkan penggunanya untuk menghadap ke depan ke arah tujuan. Namun, kemudian Fuller tidak menganggapnya sebagai “penemuan”.

Bertahun-tahun kemudian, Fuller menyatakan bahwa pengalaman semacam ini telah memberinya tidak hanya minat dalam desain, tetapi juga kebiasaan mengenal dan mengetahui material-material yang kemudian hari dibutuhkan dalam proyek-proyeknya.

Baca Juga :  Biodata Cristopher Columbus Penemu Benua Amerika

Fuller memperoleh sertifikasi ahli mesin dan mengetahui cara menggunakan alat pembengkok logam (press brake), penekan peregang (stretch press), dan alat-alat yang digunakan dalam usaha lembaran logam.

Penemu Kubah Geodesik

Ide menggabungkan segitiga dengan lengkungan arsitektur dipelopori pada tahun 1919 oleh insinyur asal Jerman Dr. Walther Bauersfeld. Pada tahun 1923, Bauersfeld telah merancang planetarium proyeksi pertama di dunia untuk Zeiss Company di Jena, Jerman.

Namun, Buckminster Fuller yang mempopulerkan konsep kubah geodesik yang digunakan sebagai rumah. Paten pertama Fuller untuk kubah geodesik dikeluarkan pada tahun 1954. Pada tahun 1967 desainnya ditunjukkan kepada dunia dengan “Biosfer” yang dibangun untuk Expo ’67 di Montreal, Kanada.

Fuller mengklaim bahwa mungkin untuk melampirkan mid-town Manhattan di New York City dengan kubah yang dikendalikan temperatur dua mil seperti yang dipresentasikan di pameran Montreal.

Pada peringatan 50 tahun menerima paten untuk kubah geodesik, Buckminster Fuller diperingati pada perangko AS pada tahun 2004. Indeks patennya dapat ditemukan di Buckminster Fuller Institute.

Kubah Geodesik

Kubah geodesik adalah struktur rangka ruang berbentuk bola yang terdiri dari jaringan segitiga yang rumit. Segitiga yang terhubung menciptakan kerangka self-bracing yang kuat secara struktural namun elegan.

Kubah geodesik dapat disebut sebagai manifestasi dari frasa “kurang lebih”, karena bahan bangunan minimal yang disusun secara geometris memastikan desain yang kuat dan ringan, terutama ketika kerangka tersebut ditutupi dengan material pelapis modern seperti ETFE.

Kematian 

Buckminster Fuller meninggal dunia pada tanggal 1 Juli 1983 pada umur 87 tahun di Los Angeles, Amerika Serikat. 

Penutup

Itulah biodata Buckminster Fuller seorang penemu geodesik kubah. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Baca Juga :  Biodata Heinrich Wilhelm Dove Penemu Binaural Beat

sumber : wikipedia.org