Biodata Carl Bosch Penemu Metoda Tekanan Tinggi Kimia

Biodata Carl Bosch Penemu Metoda Tekanan Tinggi Kimia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Carl Bosch seorang penemu metoda tekanan tinggi kimia. Penasaran ingin tahu tentang penemu metoda tekanan tinggi kimia, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Carl Bosch :

Lahir : 27 Agustus 1874 Köln, Kekaisaran Jerman
Meninggal : 26 April 1940 (umur 65) Heidelberg, Jerman Nazi Institusi: BASF
Alma mater : Sekolah Tinggi Teknik Charlottenburg
Dikenal atas : penemu metoda tekanan tinggi kimia
Penghargaan : Penghargaan Nobel Kimia (1931), Goethe Prize (1939)
Carl Bosch adalah seorang kimiawan dan insinyur asal Jerman. Ia mendapat Hadiah Nobel di bidang kimia tahun 1931 karena menemukan metoda tekanan tinggi kimia. Carl Bosch juga merupakan pendiri IG Farben (Perusahaan Kimia terbesar saat itu).

Biografi

Carl Bosch lahir pada tanggal  27 Agustus 1874 di Köln, Kekaisaran Jerman. Ia belajar di Technische Hochschule Charlottenburg (sekarang Technische Universität Berlin) dan Universitas Leipzig antara tahun 1892-1898.

Pada tahun 1899 Bosch mulai bekerja di BASF. Antara tahun 1908-1913 mengembangkan proses Haber-Bosch bersama dengan Fritz Haber.

Setelah Perang Dunia I Bosch bekerja di bidang sintesis minyak dan metanol melalui kimia tekanan tinggi. Pada tahun 1925 Bosch adalah salah satu pendiri IG Farben dan dari tahun 1935 ketua dewan direktur.

Bosch menerima Siemens-Ring pada tahun 1924 untuk sumbangannya pada penelitian terapan dan dukungan perlindungannya untuk penelitian dasar.

Pada tahun 1931 Bosch dianugerahi Nobel Kimia bersama dengan Friedrich Karl Rudolf Bergius untuk pengenalan kimia tekanan tinggi.

Bosch juga astronom amatir dan asteroid 7414 Bosch dinamai untuk menghormati jasanya. Carl Bosch mengumpulkan meteorit yang dibawa ke Universitas Yale pada tahun 1949.

Baca Juga :  Biodata Andi Mattalata

Kematian

Carl Bosch meninggal dunia di Heidelberg, Nazi Jerman pada tanggal 26 April 1940 saat berumur 65 tahun.

Penutup

Itulah biodata Carl Bosch seorang penemu metoda tekanan tinggi kimia. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski