Biodata Charles Scott Sherrington, Peneliti Reflek Otot

Biodata Charles Scott Sherrington, Peneliti Reflek Otot

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Charles Scott Sherrington seorang peneliti reflek otot. Penasaran ingin tahu tentang biodata peneliti reflek otot, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Charles Scott Sherrington : 

  • Lahir :  27 November 1857 Islington, London, Inggris
  • Meninggal : 4 Maret 1952 (umur 94) Eastbourne, Suss3x, Inggris
  • Kebangsaan :  Inggris
  • Bidang : Fisiologi, patologi, histologi, neurologi, bakteriologi
  • Alma mater : Ipswich School, Royal College of Surgeons of England, Gonville dan Caius College, Cambridge
  • Penasehat akademik : Michael Foster, John Newport Langley
  • Doktor siswa : John Farquhar Fulton, John Carew Eccles, Alfred Fröhlich 
  • Pengaruh : Johannes Müller, Thomas Ashe, WH Gaskell, David Ferrier, Rudolf Virchow 
  • Terpengaruh : Sir John Eccles, Ragnar Granit, Howard Florey, EM Tansey, Archibald Bukit, Wilder Penfield.
  • Penghargaan : Royal Medal (1905), Copley Medal (1927), Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran (1932)

 

Sir Charles Scott Sherrington ialah seorang neurofisiologi (fisiolog saraf), histolog, bakteriolog , dan ahli patologi asal Inggris, pemenang Nobel dan presiden Royal Society pada awal tahun 1920.

Sherrington menerima Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran dengan Edgar Adrian, 1st Baron Adrian, pada tahun 1932 untuk pekerjaan mereka pada fungsi neuron. Sebelum karya Sherrington dan Adrian diterima secara luas, diketahui bahwa terjadi aktivitas refleks terisolasi dalam lengkung refleks.

Sherrington menerima hadiah untuk menunjukkan bahwa refleks memerlukan aktivasi terintegrasi dan menunjukkan persarafan timbal balik otot (Hukum Sherrington).

Baca Juga :  Biodata Taufik Ismail, Sastrawan Indonesia

Pendidikan dan karir

Sherrington belajar kedokteran di Universitas Cambridge, dan lulus pada tahun 1885. Lalu Dia melanjutkan studinya di Berlin bersama dengan Robert Koch dan Rudolf Virchow lalu ke Straßburg di bawah F. Goltz.

Pada tahun 1876 Sherrington bergabung dengan St. Thomas Hospital, menjadi “murid abadi”. Lalu Sherrington meninggalkannya untuk mengerjakan penelitian di Brown Institution, bagian kedokteran hewan di Universitas London.

Pada tahun 1895, Sherrington diangkat sebagai profesor di Universitas Liverpool. Kemudian ia menjadi guru besar fisiologi di Universitas Oxford pada tahun 1913. Sherrington menjadi Presiden Royal Society antara tahun 1920 hingga 1925.

Sherrington menerima Knight Grand Cross Britania Raya pada tahun 1922 dan Order of Merit pada tahun 1924. Sherrington pensiun dari kehidupan akademik pada tahun 1936, kemudian menulis karya-karya bernafaskan puisi, sejarah, dan filsafat.

Penelitian

Pada tahun 1891, Sherrington diangkat sebagai pengawas dari Brown Institute for Advanced Fisiologis dan Penelitian patologis dari University of London, sebuah pusat untuk penelitian fisiologis dan patologis manusia dan hewa.

Sherrington berhasil bekerja pada distribusi segmental dorsal tulang belakang dan akar ventral, ia memetakan sensorik dermatom, dan pada tahun 1892 menemukan bahwa otot spindle memprakarsai refleks stretch.

Lembaga ini memungkinkan Sherrington untuk belajar banyak hewan, baik kecil maupun besar. The Brown Institute memiliki cukup ruang untuk bekerja dengan primata besar seperti kera.

Pekerjaan pertama Sherrington sebagai pengajar penuh setelah Holt diangkat sebagai Profesor Fisiologi di Liverpool pada tahun 1895, menggantikan Francis Gotch.

Sherrington mengadakan penelitian pada belahan otak binatang seperti kucing, anjing, monyet, dan kera, dia menemukan bahwa refleks harus mempertimbangkan kegiatan terpadu dari total organisme, bukan hanya hasil dari kegiatan yang disebut refleks busur yang merupakan konsep yang berlaku umum.

Baca Juga :  Biodata Mayjen H.A. Thalib, Putra Kerinci Pertama yang menjadi Duta Besar di Malaysia

Di sana Sherrington melanjutkan karyanya pada refleks dan persarafan timbal balik. Makalah pada subjek yang disintesis ke dalam kuliah Croonian tahun 1897.

Sherrington menunjukkan bahwa eksitasi otot itu berbanding terbalik dengan penghambatan kelompok otot yang berlawanan. Sherrington melanjutkan karyanya pada persarafan timbal balik selama di Liverpool.

Pada tahun 1913, Sherrington mampu mengatakan bahwa “proses eksitasi dan inhibisi dapat dipandang sebagai kutub yang berlawanan. Karya Sherrington pada persarafan timbal balik adalah kontribusi penting untuk pengetahuan dari sumsum tulang belakang.

Sementara di Oxford, Sherrington terus membuat ratusan mikroskop slide dalam kotak khusus berlabel “Sir Charles Sherrington’s Histology Demonstration Slides”.

Akhir Hayat

Charles Sherrington pensiun dari Oxford pada tahun 1936. Ia lalu pindah ke kota Ipswich, di mana ia membangun sebuah rumah. Di sana, Sherrington terus melakukan hubungan korespondensi dengan murid dan orang lain dari seluruh dunia.

Sherrington juga terus bekerja pada puitis, sejarah, dan kepentingan filosofisnya. Ia menjadi Presiden Museum Ipswich tahun 1944 sampai kematiannya.

Kematian Sherringto disebabkan oleh gagal jantung pada usia 94 tahun. Berbicara tentang kondisinya, Sherrington mengatakan “usia tua tidak menyenangkan kita tidak bisa melakukan hal-hal untuk diri sendiri.”  arthritis yang menempatkan Sherrington di sebuah panti jompo pada masa sebelum kematiannya.

Charles Sherrington meninggal pada tanggal 4 Maret 1952 pada umur 94 tahun di Eastbourne, Inggris.

Prestasi dan penghargaan

1899 Baly Gold Medal of the Royal College of Physicians of London
1905 Royal Medal of the Royal Society of London
1922 Knight Grand Cross of the Most Excellent Order of the British Empire
1924 Order of Merit
1932 Nobel Prize for Physiology or Medicine

Baca Juga :  Jenis Alpukat Populer di Indonesia

Pada saat kematiannya Sherrington menerima gelar Doktor honoris causad dari 22 universitas: Oxford, Paris, Manchester, Strasbourg, Louvain, Uppsala, Lyon, Budapest, Athens, London, Toronto, Harvard, Dublin, Edinburgh, Montreal, Liverpool, Brussels, Sheffield, Bern, Birmingham, Glasgow, dan University of Wales.

Penutup

Itulah biodata Charles Scott Sherrington seorang peneliti reflek otot. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia