Biodata Cyril Norman Hinshelwood, Kimiawan Asal Inggris

Biodata Cyril Norman Hinshelwood, Kimiawan Asal Inggris

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Cyril Norman Hinshelwood seorang kimiawan asal Inggris. Penasaran ingin tahu tentang seorang kimiawan asal Inggris, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Cyril Norman Hinshelwood :

  • Lahir : London, Inggris, 19 Juni 1897 
  • Meninggal : 9 Oktober 1967 (umur 70)
  • Bidang : Kimia fisik
  • Lembaga : University of Oxford
  • Alma mater : Balliol College, Oxford
  • Penasihat Doktor : Harold Hartley
  • Siswa Terkemuka : Keith J. Laidler
  • Penghargaan : Nobel Kimia, Fellow dari Royal Society

 

Sir Cyril Norman Hinshelwood ialah seorang ahli kimia fisik asal Inggris. Hinshelwood dianugerahi Nobel Kimia pada tahun 1956 untuk penelitiannya dalam mekanisme reaksi kimia.

Diantara karyanya yang terkenal antara lain: “Kinetic of Chemical Changes in Gaseous Systems” (1926 ); “The Reaction between Hydrogen and Oxygen” (1934 );  “The Chemical Kinetics of the Bacterian Cell” (1946 ).

Pendidikan

Sir Cyril Norman Hinshelwood Lahir di London Inggris pada tanggal 19 Juni 1897, Hinshelwood adalah anak dari pasangan Norman Macmillan Hinshelwood, dan Ethe Frances née Smith.

Hinshelwood menempuh pendidikan pertama di Kanada, kembali pada tahun 1905 setelah kematian ayahnya ke flat kecil di Chelsea di mana ia tinggal selama sisa hidupnya. Hinshelwood lalu belajar di Sekolah Westminster  dan Balliol College, Oxford.

Karir

Selama Perang Dunia Pertama, Hinshelwood menjadi kimiawan di sebuah pabrik bahan peledak. Dia adalah seorang guru di Trinity College, Oxford 1921-1937 dan Dr Lee, Profesor Kimia di University of Oxford tahun 1937.

Baca Juga :  Komposisi Yang Pas Pada Media Tanam Polybag

Hinshelwood menjabat Dewan Penasehat pada hal-hal ilmiah untuk Pemerintah Inggris. Hinshelwood terpilih menjadi Fellow dari Royal Society pada tahun 1929, Ia menjabat sebagai Presiden Royal Society antara tahun 1955 hingga tahun1960. Hinshelwood mendapat gelar pada tahun 1948 dan diangkat ke Order of Merit pada tahun 1960.

Penelitian

Studi awal tentang molekul kinetika disebabkan publikasi Termodinamika untuk Siswa Kimia dan Perubahan Kimia Kinetika tahun 1926. Bersama Harold Warris Thompson ia mempelajari reaksi ledakan dari Hidrogen dan Oksigen dan menggambarkan fenomena reaksi berantai.

Berikutnya bekerja pada perubahan kimia dalam sel bakteri terbukti sangat penting dalam penelitian antibiotik selanjutnya dan agen terapeutik, dan bukunya “The Chemical Kinetics of the Bacterian Cell” diterbitkan pada tahun 1946, diikuti oleh Growth, Fungsi dan Peraturan Sel bakteri pada tahun 1966.

Pada tahun 1951 Hinshelwood menerbitkan Struktur Kimia Fisik. Itu diterbitkan sebagai Teks Oxford klasik dalam Ilmu Fisik oleh Oxford University Press pada tahun 2005.

Kehidupan pribadi dan Kematian

Hinshelwood tidak pernah menikah. Dia fasih dalam 7 bahasa klasik dan modern, ia memiliki hobi yakni melukis, mengumpulkan tembikar Cina, dan sastra asing. Hinshelwood adalah seorang Senior Research Fellow di Imperial College London, tahun 1964 hingga tahun 1967.

Cyril Norman Hinshelwood meninggal, di rumahnya, pada tanggal 9 Oktober 1967 pada umur 70 tahun.

Penutup

Itulah tadi biodata Cyril Norman Hinshelwood seorang kimiawan asal Inggris. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu