manfaat kulit jeruk

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan – Sobat sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis buah-buahan populer yang satu ini. Jeruk merupakan salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia. Hampir di setiap momen pasti ada buah ini.

Buah jeruk memiliki rasa yang segar dan memiliki manfaat yang cukup banyak. Kandungan nutrisi dalam buah jeruk mampu untuk mendukung kesehatan Sobat.

Ada fakta menarik lainnya tentan buah jeruk ini. Ternyata kulit dari buah jeruk memiliki berbagai kandungan dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Masa sih? Simak penjelasannya di Waca Berita kali ini yuk!

Kandungan Kulit Jeruk

Kulit jeruk bersifat antikanker dan antiinflamasi sehingga mampu mencegahmu dari kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kulit jeruk kaya akan serat, folat, kalsium, vitamin C, vitamin B6, dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, terdapat sejumlah kandungan polifenol yang dapat menangkal beberapa penyakit, Sobat.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kandungan kulit jeruk. Simak kandungannya per 100 gram (g) di bawah ini:

  • Air: 72,5 g
  • Energi: 97 kilokalori (kkal)
  • Folat: 30 mikrogram (µg)
  • Fosfor: 21 miligram (mg)
  • Fiber: 10,6 g
  • Kalsium: 161 mg
  • Karbohidrat: 25 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Magnesium: 22 mg
  • Protein: 1,5 g
  • Potasium: 212 mg
  • Sodium: 3 mg
  • Vitamin A: 21 µg
  • Vitamin C: 136 mg
  • Vitamin B1: 0,12 mg
  • Vitamin B2: 0, 09 mg
  • Vitamin B3: 0,9 mg
  • Vitamin B6: 0,176 mg
  • Zat besi: 0,8 mg
  • Zinc: 0,25 mg
Baca Juga :  Biodata Rosalind Franklin Penemu DNA Heliks Ganda

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Dari berbagai kandungan di atas, tak heran apabila kulit jeruk memiliki segudang manfaat. Mulai dari meningkatkan kesehatan jantung hingga mencegah kanker.

Bahkan, sejak dahulu, kulit jeruk sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional, lho, Sobat. Nah, berikut adalah manfaat kulit jeruk bagi kesehatan:

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kulit jeruk mengandung hesperidin, yakni senyawa alami bioflavonoid yang biasanya terkandung dalam buah sitrus.

Senyawa ini dipercaya dapat membantu menjaga tekanan darah hingga kolesterol. Tidak hanya itu, kandungan Flavon polymethoxylated (PMFs) dalam kulit jeruk juga dapat menurunkan kolesterol. Bahkan, ini lebih efektif dibandingkan obat-obatan, Sobat.

Inilah yang menyebabkan kulit jeruk mampu meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, salah satu penyebab utama penyakit jantung adalah tekanan darah dan kadar kolesterol yang berlebihan.

Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya, manfaat kulit jeruk bagi kesehatan adalah menurunkan berat badan. Kulit jeruk memiliki kalori yang rendah tapi kaya akan serat. Sehingga bisa membantu meningkatkan metabolisme sekaligus membakar lemak tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengolah kulit jeruk dengan memasukkannya ke dalam smoothie ataupun dimakan sebagai camilan, Sobat.

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Mencegah Alergi

Perlu Sobat ketahui bahwa histamin adalah suatu bahan kimia penyebab reaksi alergi. Untuk mencegah pelepasan histamin ini, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk, Sobat.

Hal ini dikarenakan kulit jeruk dipercaya dapat mengkonversikan makanan yang kamu konsumsi menjadi makanan anti-alergi.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Food Chemistry mengatakan bahwa kulit jeruk sejak zaman kuno telah dimanfaatkan dalam pengobatan gangguan pencernaan.

Hal ini dikarenakan kulit jeruk memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare dan mulas.

Baca Juga :  Jenis Jeruk Untuk Masakan, Jangan Salah Pilih!

Selain itu, terdapat banyak serat dan polisakarida di dalamnya yang ampuh memperlancar pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Meskipun masih sedikit yang membahas manfaat ini, akan tetapi ada beberapa studi yang menyatakan bahwa kandungan dalam kulit jeruk seperti citral, decanal, dan limonene dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Berbagai senyawa ini diketahui memiliki sifat anti-inflamasi. Sehingga dapat menangkal infeksi sekaligus meningkatkan kinerja mata, Sobat.

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Memelihara Mulut dan Gigi

Studi dari Journal of Clinical and Experimental Dentistry menemukan bahwa kulit jeruk bersifat antibakteri sehingga dapat berfungsi untuk mencegah karies gigi.

Tak hanya itu, senyawa limonene dan vitamin C dalam kulit jeruk juga diketahui dapat membantu memutihkan gigi dan menjaga nafas tetap segar, Sobat.

Mengobati Diabetes

Kulit jeruk diketahui dapat menghambat protein (RLIP76) sehingga dapat menghindarimu dari penyakit diabetes. Selain itu, tingginya serat bernama pektin dalam kulit jeruk juga dapat mengatur kadar gula darah, Sobat.

Ada pula penelitian dari Natural Product Research yang menunjukkan bahwa ekstrak kulit jeruk dapat membantu mencegah nefropati diabetik, yakni salah satu penyakit ginjal akibat diabetes.

Nah, jadi apabila Sobat adalah penderita diabetes atau memiliki kadar gula darah tinggi, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk sebagai pengobatan diabetes.

Manfaat Kulit Jeruk Bisa Melawan Peradangan

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Food Science and Human Wellness mengatakan bahwa kulit jeruk memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk kesehatan.

Lebih lanjutnya lagi, ada penelitian yang menunjukkan kulit jeruk juga memiliki fungsi serupa dengan indometasin (obat anti-inflamasi) yakni untuk melawan peradangan.

Memelihara Kesehatan Kulit

Siapa sangka, ternyata, kulit jeruk juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Berbagai masalah kulit mulai dari komedo, jerawat, noda hitam, sel mati, hingga pori-pori besar bisa diatasi dengan kulit jeruk.

Baca Juga :  Perbedaan Benih Cabai F1, F2 dan Lokal

Tidak hanya itu, ini sangat cocok untukmu yang ingin memiliki kulit cerah, Sobat. Sebab, terdapat berbagai kandungan kulit jeruk yang diyakini ampuh mencerahkan kulit.

Mencegah Kanker

Tidak lengkap rasanya apabila tidak memasukkan manfaat kulit jeruk satu ini. Terlebih lagi, sudah ada penelitian dari jurnal BioMed Research International yang membuktikan bahwa kulit jeruk dapat secara efektif mencegah aktivitas kanker.

Lebih detailnya lagi, beberapa penelitian lain juga telah membuktikan dan mengatakan bahwa kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yakni jenis kanker kulit berat.

Selain itu, kulit jeruk juga diketahui dapat mencegah kanker paru-paru pula, Sobat.

Cara Mengolah Kulit Jeruk

Ada berbagai cara mengolah kulit jeruk. Kamu bisa mengolahnya sebagai manisan, salad dressing, saus, kue, permen, topping untuk teh, dan sebagainya. Berikut adalah cara mengolahnya sebagai topping teh:

  • Siapkan kulit jeruk terlebih dahulu.
  • Cincang atau tumbuk kulit jeruk hingga halus dan kecil.
  • Masukkan kulit jeruk ke dalam teh, kemudian aduk teh tersebut. Teh sitrus pun siap dinikmati.

Demikianlah, berbagai manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tubuh, Sobat. Setelah mengetahui manfaatnya, pastikan setelah mengonsumsi jeruk kamu tidak lupa untuk mengolah kulitnya pula. Semoga bermanfaat ya, Sobat!