Biodata Dewi Lestari

Biodata Dewi Lestari

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Dewi Lestari. Penasaran ingin tahu tentang biodata Dewi Lestari, simak penjelasannya berikut ini.

Dewi Lestari

Dewi Lestari Simangunsong atau yang lebih akrab disapa Dee adalah seorang penulis dan penyanyi asal Indonesia. Dee pertama kali dikenal masyarakat sebagai anggota trio vokal Rida Sita Dewi.

Dee lahir di Bandung pada tanggal 20 Januari 1975. Anak keempat dari lima bersaudara ini merupakan putri dari pasangan Yohan Simangunsong dan Tiurlan Siagian.

Kakak perempuan pertamanya bernama Key Mangunsong mempunyai profesi sebagai sutradara dan penulis. Kemudian kakak perempuan keduanya bernama Imelda Rosalin merupakan penyanyi jazz dan seorang pianis. Sedangkan adik perempuannya,yakni Arina Epiphania menjadi vokalis di grup musik Mocca.

Bakat menulis dan menyanyi sejak kecil membawa Dewi Lestari ke dunia hiburan. Ia terkenal sebagai penyanyi dan penulis novel. Sejak menerbitkan novel Supernova yang populer pada tahun 2001, ia kemudian dikenal luas sebagai novelis.

Dee bersekolah di SDN Banjarsari III Bandung, SMPN 2 Bandung, SMAN 2 Bandung, lulus tahun 1998 sebagai Sarjana Ilmu Politik dari FISIP Universitas Parahyangan Bandung jurusan Hubungan Internasional.

Karya-karya yang dihasilkan oleh Dee tidak terlepas dari karier menyanyi serta menulisnya. Ketertarikan Dee pada dunia musik bermula dari ayahnya yang merupakan anggota TNI, tetapi dapat bermain piano meski belajar secara otodidak.

Awalnya, Dee tidak langsung terkenal, melainkan menjadi penyanyi latar untuk Iwa K, Java Jive, dan Chrisye terlebih dahulu. Kemudian pada tahun 1994 atas prakarsa Ajie Soetama dan Adi Adrian, ia bersama Rida Farida serta Indah Sita Nursanti membuat trio vokal yang dinamakan Rida Sita Dewi.

Baca Juga :  Biodata Wikana, Tokoh Kemerdekaan Indonesia

Trio Rida Sita Dewi telah meluncurkan empat album, yaitu Antara Kita (1995), Bertiga (1997), dan Satu (1999), serta album The Best of RSD yang rilis tahun 2002.

Tak hanya menyanyi, Dee juga menulis lirik lagu. Karya pertamanya yaitu Satu Bintang di Langit Kelam yang menjadi salah satu hit Rida Sita Dewi. Lagu hit Dee selanjutnya, yaitu Firasat yang dibawakan oleh Marcell.

Ketika usianya 30 tahun, Dee merilis album solo perdanya bertajuk Out of Shell dengan single Simply. Selang dua tahun, ia mengeluarkan album Rectoverso dengan single Malaikat Juga Tahu, Peluk (duet bersama Aqi Alexa), dan Aku Ada (duet bersama Arina Mocca).

Lalu saat Rectoverso difilmkan, Glenn Fredly menyanyikan kembali lagu Malaikat Juga Tahu. Tidak hanya menyanyi, Dee pun terkenal sebagai novelis.

Beberapa karya-karyanya telah difilmkan seperti Filosofi Kopi, Perahu Kertas, dan Rectoverso. Kemampuan menulisnya sudah muncul sejak kecil.

Ia pernah mengirim novel remajanya saat SMP meski sayangnya ditolak. Kemudian pada tahun 1993, Dee mengikuti lomba menulis artikel di majalah Gadis. Karena tidak percaya diri, ia menggunakan nama adiknya.

Siapa sangka, cerpen itu menjadi pemenang. Selang beberapa tahun, kakak Dee, Key Mangunsong menunjukkan cerpen Rico de Coro karya sang adik ke Hilman Hariwijaya (Lupus). Cerpen itu terbit di majalah Mode dan mendapat sambutan hangat.

Dee merilis novel perdananya bertajuk Supernova: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh (KPBJ). Karena tidak yakin lolos penerbit, ia akhirnya menerbitkan di bawah label sendiri, Truedee Books.

Ternyata, karya perdananya ini laris di pasaran. Hanya dalam dua pekan, 7 ribu buku habis terjual. Selanjutnya, Dee lebih dikenal sebagai penulis.

Baca Juga :  Jenis Anggur di Penjuru Dunia, Unik Nih Sob!

Terkait kehidupan pribadinya, Pada tanggal 12 September 2003, Dee menikah dengan Marcell Siahaan. Pernikahannya dengan Marcell dikaruniai seorang anak laki-laki yang lahir pada tanggal 5 Agustus 2004 bernama Keenan Avalokita Kirana.

Namun, pernikahan tersebut tidak berjalan lama karena pada tanggal 27 Juni 2008 Dee menggugat cerai Marcell di Pengadilan Negeri Bale Bandung dan pasangan tersebut resmi bercerai pada bulan September 2008. Dee mengungkapkan bahwa alasannya bercerai sudah dipertimbangkan sejak dua tahun sebelumnya.

Tidak lama kemudian, yakni tepatnya pada tanggal 11 November 2008, Dee menikah dengan Reza Gunawan, seorang pakar penyembuhan holistik di Sydney dan sudah dikaruniai seorang anak yang mereka namai Atisha Prajna Tiara dan lahir pada 23 Oktober 2009.

Beberapa karya lain yang juga ditulis oleh Dewi Lestari 

  • Supernova 2: Akar (2002)
  • Supernova: Petir (2004)
  • Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade (2006)
  • Rectoverso (2008)
  • Perahu Kertas (2009)
  • Madre (2011)
  • Supernova 4: Partikel (2012)
  • Supernova 5: Gelombang (2014)
  • Supernova 6: Inteligensi Embun Pagi (2016)
  • Kepingan Supernova (2017)
  • Aroma Karsa (2018)
  • Di Balik Tirai Aroma Karsa (2019)

Penutup

Itulah biodata Dewi Lestari. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.