Biodata John Landis Mason Penemu Mason Jar atau Stoples

Biodata John Landis Mason Penemu Mason Jar atau Stoples

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John Landis Mason seorang penemu mason jar atau stoples. Penasaran ingin tahu tentang penemu mason jar atau stoples, simak penjelasannya berikut ini.

John Landis Mason adalah seorang ahli pateri guci berasal dari Philadelphia. Ia adalah penemu dari mason jar, Nama mason jar diambil dari nama belakang  sang penemunya yang kemudian produk ciptaannya ini dipatenkan pada tahun 1858.

Mason jar ialah stoples yang di gunakan untuk menyimpan makanan. Jenis stoples yang sedang tren saat ini adalah stoples jenis Mason jar. Mason jar mulai popular sejak tahun 1950-an saat digunakan sebagai wadah bahan makanan di musim dingin.

Saat ini seluruh masyarakat dunia sudah tahu mason jar itu seperti apa. Padahal dulu saat awal kemunculannya, mason jar tidak begitu dikenal oleh banyak orang. Belum sempat merasakan keberhasilan dari produknya, John Mason akhirnya menjual produk hak patennya ini.

Ada beberapa karakteristik yang membedakan mason jar dengan jar lainnya. Pertama, mason jar merupakan produk jar pertama yang menggunakan bahan transparan sehingga makanan yang berada di dalam jar dapat mudah dilihat tanpa harus membuka tutupnya.

Mason jar karya John Landis Mason

Kedua, bagian tutup jar memiliki dua bagian yaitu tutup menggunakan bahan karet berbentuk cincin pada bagian bawahnya bermanfaat sebagai segel vakum yang mencegah udara masuk ke dalam jar. Kemudian pada bagian luar tutup terbuat dari bahan stainless yang dapat digunakan berulang kali.

Mason jar menjadi pelopor dalam perubahan menyimpan makanan dalam stoples. Sebelum adanya mason jar, makanan disimpan dengan menggunakan plastik sebagai pembungkus. Stoples kacanya disegel dengan bahan tipis memiliki tutup datar menjadikan makanan menjadi berantakan dan cepat basi.

Baca Juga :  Biodata Edwin McMillan Penemu Neptunium

Orang pertama yang menggunakan produk ciptaan John Mason adalah brand dalam produk The Ball Brother Jars pada tahun 1884, yang hingga saat ini masih digunakan.

Penutup

itulah biodata John Landis Mason seorang penemu mason jar atau stoples. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://apps.detik.com/detik/