Biodata Georg Brandt Penemu Unsur Kobalt

Biodata Georg Brandt Penemu Unsur Kobalt

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Georg Brandt seorang penemu unsur kobalt. Penasaran ingin tahu tentang penemu unsur kobalt, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Georg Brandt :

Lahir : 26 Juni 1694 Riddarhyttan

Meninggal : 29 April 1768 Stockholm

Orang tua : Jurgen Brandt dan Katarina Ysing

Dikenal atas : penemu unsur kobalt

 

Georg Brandt adalah seorang ahli kimia dan ahli mineral asal Swedia yang menemukan unsur Kobalt pada tahun 1735. Brandt adalah orang pertama yang menemukan logam yang tidak diketahui pada zaman kuno.

Biografi

Georg Brandt lahir di Riddarhyttan, paroki Skinnskatteberg, pada tanggal 26 Juni 1694. Anak dari pasangan Jurgen Brandt, pemilik tambang dan apoteker, dan Katarina Ysing.

Brandt adalah profesor kimia di Universitas Uppsala, Dia mampu menunjukkan bahwa kobalt adalah sumber warna biru yang ada pada kaca, yang sebelumnya dikaitkan dengan bismut yang ditemukan dengan kobalt.

Sekitar tahun 1741 Brandt menulis: “Karena ada enam jenis logam, jadi saya juga menunjukkan eksperimen yang andal … bahwa ada juga enam jenis logam setengah: logam setengah baru, yaitu regulus Cobalt sebagai tambahan Untuk Merkurius, Bismut, Seng, dan regangan Antimon dan Arsenik “.

Georg Brandt memberikan enam cara untuk membedakan bismut dan kobalt yang biasanya ditemukan pada bijih yang sama:

  • Bismuth patah sementara Cobalt lebih seperti logam sejati.
  • Dengan melebur, mereka tidak berbaur tapi melampirkan sebagai almond dan batunya.
  • Regulus sekering Cobalt dengan batu api dan alkali tetap memberikan kaca biru yang dikenal sebagai zaffera, sasre, atau smalt . Bismuth tidak.
  • Bismut meleleh dengan mudah dan jika disimpan meleleh, kalsinasi membentuk bubuk kuning.
  • Bismuth amalgamates dengan Merkurius; Regulus Cobalt sama sekali tidak.
  • Bismuth dilarutkan dalam asam nitrat dan dengan aqua regia dan memberi endapan putih saat dimasukkan ke dalam air murni. Regulus Cobalt membutuhkan alkali untuk mengendap, dan kemudian membentuk endapan hitam atau hitam.
Baca Juga :  Biodata Jöns Jacob Berzelius Ahli Kimia Asal Swedia

Kobalt

Kobalt adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Co dan nomor atom 27. Elemen ini biasanya hanya ditemukan dalam bentuk campuran di alam.

Elemen bebasnya, diproduksi dari peleburan reduktif, adalah logam berwarna abu-abu perak yang keras dan berkilau. Unsur kimia kobalt tersedia di dalam banyak formulasi yang mencakup kertas perak, potongan, bedak, tangkai, dan kawat.

Kematian

Georg Brandt meninggal di Stockholm, pada tanggal 29 April 1768. karena kanker prostat.

Penutup

Itulah biodata Georg Brandt seorang penemu unsur kobalt. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu