Hamzah Fansuri

Biodata Hamzah Fansuri, Ulama Sufi dan Sastrawan

Biodata Hamzah Fansuri, Ulama Sufi dan Sastrawan

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Hamzah Fansuri seorang ulama sufi dan sastrawan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Hamzah Fansuri, simak penjelasannya berikut ini.

Hamzah Fansuri

Hamzah Fansuri adalah seorang ulama sufi dan sastrawan pada abad ke-16. Beliau dikenal sebagai penulis pertama yang menulis tentang ide-ide panteisme dalam bahasa Melayu.

Selain itu, Fansuri juga senang menulis puisi, sehingga ia juga dianggap sebagai penyair pertama yang dikenal di dunia Melayu.

Hamzah Fansuri merupakan tokoh Islam yang menyebarkan Islam melalui saluran penyebaran agama Islam yang dikenal dengan Tasawuf.

Hamzah Fansuri berasal dari Barus, Sumatera Utara. Pada masa Kerajaan Aceh Darussalam, kampung Fansur sendiri dikenal sebagai pusat pendidikan Islam di bagian Aceh Selatan.

Beliau telah lama tinggal di Kota Aceh. Hamzah Fansuri dikenal sebagai penganut aliran wahdatul wujud. Ia menjadi tokoh yang menyebarkan ilmu Islam melalui saluran penyabaran agama Islam yang disebut dengan Tasawuf.

Tulisan Hamzah Fansuri mengenai panteisme berasal dari tulisan para ulama pada abad pertengahan. Beliau dipengaruhi oleh doktrin dari Ibn Arabi tentang Wahdat al-Wujud yang sedang populer pada saat itu di Persia dan India selama abad ke-16.

Tulisan tersebut ingin memperlihatkan bahwa Hamzah Fansuri memandang Tuhan sebagai iman dalam segala hal. Pandangannya  disebarkan oleh seorang ahli teologi asal Aceh, Shamsuddin al-Sumatrani.

Tetapi, pandangan Fansuri dianggap sesat oleh Nuruddin ar-Raniri, ulama Kesultanan Aceh. Bagi Raniri pandangan Fansuri ini tidak sesuai dengan keyakinan Islam.

Raniri lalu melakukan perjalanan ke Aceh. Ia berusaha untuk menghapus karya dan nama Hamzah Fansuri. Semua karya tulis Fansuri juga dibakar habis. Hamzah Fansuri diperkirakan meninggal dunia sebelum atau pada 1016/1017.

Baca Juga :  Biodata Ronald Fisher - Perintis Statistika Modern, Biologi Evolusi, Genetika, dan Eugenicist

Penyair dan ahli tasawuf Aceh abad ke 17 tersebut, mendapat anugerah Bintang Budaya Parama Dharma, yang diserahkan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara penganugerahan Bintang Maha Putera, dan Tanda Jasa di Istana Negara pada hari selasa, 12 Agustus 2013.

Beberapa Karya Hamzah Fansuri

Puisi

  • Syair Burung Unggas
  • Syair Dagang
  • Syair Perahu
  • Syair Si Burung pipit
  • Syair Si Burung Pungguk
  • Syair Sidang Fakir

Prosa

  • Asrar al-Arifin
  • Sharab al-Asyikin
  • Kitab Al-Muntahi / Zinat al-Muwahidin

Penutup

Itulah biodata Hamzah Fansuri seorang ulama sufi dan sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.