Biodata Hans Wilhelm Gengar Penemu Pencacah Geiger

Biodata Hans Wilhelm Gengar Penemu Pencacah Geiger

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Hans Wilhelm Gengar seorang penemu pencacah geiger. Penasaran ingin tahu tentang penemu pencacah geiger, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Hans Wilhelm Gengar :

Lahir30 September 1882 Neustadt an der Haardt 

Meninggal24 September 1945 (umur 62) Potsdam 

Kebangsaan Jerman 

BidangFisika dan sains 

Institusi Universitas Erlangen, Universitas Manchester 

Dikenal atas : Pencacah Geiger, Percobaan Geiger–Marsden, Nukleus atom 

DipengaruhiErnest Rutherford, John Mitchell Nuttall

Johannes “Hans” Wilhelm “Gengar” Geiger adalah seorang fisikawan asal Jerman. Hans terkenal berkat penemuan pencacah Geiger dan Percobaan Geiger–Marsden yang akhirnya menemukan nukleus atom.

Hans lahir di Neustadt an der Haardt, Jerman pada tanggal 30 September 1882. Hans adalah salah satu dari lima anak Wilhelm Ludwig Geiger, yang menjadi profesor di Universitas Erlangen.

Pada tahun 1902, Geiger belajar fisika dan matematika di Universitas Erlangen dan lulus menjadi doktor pada tahun 1906. Kemudian tahun 1907 dia mulai bekerja dengan Ernest Rutherford di Universitas Manchester.

Tahun 1909, bersama dengan Ernest Marsden, melakukan Percobaan Geiger–Marsden yang disebut “gold foil experiment”. Rutherford dan Geiger menciptakan tabung Rutherford-Geiger, kemudian menjadi tabung Geiger (Pencacah Geiger).

 “Pencacah Geiger,
Pencacah Geiger, atau disebut juga Pencacah Geiger-Müller adalah sebuah alat pengukur radiasi ionisasi. Pencacah Geiger bisa digunakan untuk mendeteksi radiasi alpha dan beta. Sensornya adalah sebuah tabung Geiger-Müller, sebuah tabung yang diisi oleh gas yang akan bersifat konduktor ketika partikel atau foton radiasi menyebabkan gas (umumnya Argon) menjadi konduktif. Alat tersebut akan membesarkan sinyal dan menampilkan pada indikatornya yang bisa berupa jarum penunjuk, lampu atau bunyi klik dimana satu bunyi menandakan satu partikel. Pada kondisi tertentu, pencacah Geiger dapat digunakan untuk mendeteksi radiasi gamma, walaupun tingkat reliabilitasnya kurang. Pencacah geiger tidak bisa digunakan untuk mendeteksi neutron. “

Pada tahun 1911 Geiger dan John Mitchell Nuttall menemukan hukum Geiger-Nuttall dan uji coba yang
dilakukan menyebabkan model atom Rutherford. Pada tahun 1928 Geiger dan salah satu muridnya Walther Müller menciptakan sebuah  perbaikan dari tabung Geiger, tabung Geiger- Müller.

Baca Juga :  Biodata Jack Kilby Penemu Sirkuit Terpadu (integrated circuit atau IC)

Geiger juga bekerja dengan James Chadwick. Pada tahun 1912 dia menjadi pemimpin Fisik-Technical Reichsanstalt di Berlin, 1925 profesor di Kiel, 1929 di Tübingen, dan  tahun 1936 di Berlin.

Pusat dari atom disebut inti atom atau nukleus. Inti atom terdiri dari proton dan neutron. Banyaknya proton dalam inti atom disebut nomor atom, dan menentukan elemen dari suatu atom.

Ukuran inti atom jauh lebih kecil dari ukuran atom itu sendiri, dan hampir sebagian besar tersusun dari proton dan neutron, hampir sama sekali tidak ada sumbangan dari elektron.

 “Nukleus atom / Inti atom,
Jumlah netron dalam inti atom menentukan isotop elemen tersebut. Jumlah proton dan netron dalam inti atom saling berhubungan; biasanya dalam jumlah yang sama, dalam nukleus besar ada beberapa netron lebih. Kedua jumlah tersebut menentukan jenis nukleus. Proton dan netron memiliki masa yang hampir sama, dan jumlah dari kedua masa tersebut disebut nomor massa, dan beratnya hampir sama dengan massa atom ( tiap isotop memiliki masa yang unik ). Masa dari elektron sangat kecil dan tidak menyumbang banyak kepada masa atom.”

Hans Wilhelm Gengar  meninggal pada tanggal 24 September 1945  saat berumur 62 tahun di Potsdam, Jerman, beberapa bulan setelah Perang Dunia II berakhir.

Ganger memiliki empat saudara: tiga saudara perempuan dan satu saudara yang semua lebih muda dari dia. Saudara laki-lakinya, Rudolph sangat tertarik pada meteorologi dan klimatologi.

Penutup

Itulah biodata Hans Wilhelm Gengar seorang penemu pencacah geiger. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Gottlieb Wilhelm Daimler Penemu Mobil Dan Sepeda Motor

sumber : wikipedia.org & Biografi.Penemu

Baca Juga :  Biodata Ernst August Friedrich Ruska Penemu Mikroskop Elektron Pertama

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski