Harijadi S. Hartowardoyo

Biodata Harijadi S. Hartowardoyo, Sastrawan Indonesia

Biodata Harijadi S. Hartowardoyo, Sastrawan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Harijadi S. Hartowardoyo seorang Sastrawan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Harijadi S. Hartowardoyo, simak penjelasannya berikut ini.

Harijadi S. Hartowardoyo

Harijadi S. Hartowardoyo (Harijadi S. Hartowardojo) adalah seorang sastrawan Indonesia yang terkenal karena novelnya yang berjudul Orang Buangan.

Sastrawan ini lahir pada tanggal 18 Maret 1930 di Desa Ngankruk Kidul, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah dengan nama Haryadi Sulaiman.

Ibunya bernama Suharti dan beragama Katolik. Harijadi merupakan sastrawan angkatan tahun 1950-an karena tahun 1950 kumpulan puisinya yang berjudul Loeka Bajang diterbitkan oleh Balai Pustaka, Jakarta.

Puisi yang dikumpulkan dalam Loeka Bajang itu dipublikasikan dalam majalah Sastra dan Boedaja selam tiga tahun lebih yaitu tahun 1950-1953.

Harjadi pernah mendapat hadiah Sayembara Penulisan Novel yang diselenggarakan oleh IKAPI pada tahun 1971 atas karyanya yang berjudul Perjandjian dengan Maut.

Harijadi S. Hartowardoyo tidakĀ beristri. Harijadi wafat pada tanggal 9 April 1984 karena penyakit jantung.

Karya Harjadi S. Hartowardojo

  1. Loeka Bajang (kumpulan puisi, 1953. Jakarta: Balai Pustaka)
  2. Orang Buangan (novel, 1971, Jakarta: Pustaka Jaya)
  3. Perjanjian dengan Maut (novel, 1975, Jakarta , Pustaka Jaya)

 

Penutup

 

Itulah biodata Harijadi S. Hartowardoyo seorang Sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : id.wikipedia.org

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih, Dijamin Bisa!