Inilah Model Aquaponik Yang Patut Kamu Coba!

model aquaponik

Inilah Model Aquaponik yang Bisa Kamu Coba – Sobat Waca Berita, Aquaponik merupakan sistem tanam hidroponik yang bersinergi dengan pembesaran ikan di kolam (akuakultur). Aquaponik hadir sebagai solusi akan semakin berkurangnya lahan budidaya khusunya di daerah perkotaan, dengan sistem/model aquaponik panen ikan dan sayuran dapat dilakukan sekaligus.

Cara ini sangat cocok bagi Kamu yang hobi budidaya tanaman dan ikan. Aquaponik dapat dibuat dalam skala kecil untuk penghias pekarangan saja ataupun sekala besar untuk kepentingan pemenuhan kebutuhan pangan bahkan komersil.

Ada berbagai macam model aquaponik yang bisa dibuat. Namun sebenarnya sistem aquaponik memiliki prinsip dasar resirkulasi air, yaitu tanaman yang dibudidayakan di atas kolam memanfaatkan air limbah budidaya ikan yang mengandung zat hara dari hasil pembuangan ikan sebagai pupuk alami yang menyuburkan tanaman.

Selain itu adanya tanaman ini juga sebagai filter yang menyaring kotoran hasil pembuangan ikan sehingga air yang masuk kembali ke dalam kolam kembali bersih.

Model Aquaponik

Berikut ini adalah beberapa jenis Aquaponik yang patut kamu coba

Model akuaponik Tunggal DFT

Model akuaponik tunggal DFT (Deep Flow Technique) bekerja dengan mengalirkan air dari kolam terpal bagian bawah menuju ke pipa tanam sayuran yang ada di bagian atasnya. Selanjutnya air kembali mengalir ke kolam terpal. Aliran air bisa dibantu dengan pompa air atau sejenisnya.

Untuk ukuran dimensinya bisa menggunakan 1 meter x 5 meter yang mana bisa menampung ikan ukuran sedang kurang lebih 2500 ekor dan 200 lubang tanam pada pipa.

Baca Juga :  Laporan Hasil Percobaan dan Apa yang sudah kamu pahami dari pembelajaran di atas Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 65

Model Akuaponik Aliran Atas

Model akuaponik aliran atas bekerja dengan mengalirkan air dari kolam ke pipa yang terhubung di setiap pot. Pipa tersebut dilubangi tepat di atas pot dan air akan mengucur. Pengucuran dilakukan secara terus menerus selama minimal delapan jam.

Air yang mengalir dari lubang pipa akan langsung keluar menuju bak penampungan. Model aquaponik aliran atas ini berdiameter 3 m yang dapat menampung 4000 ekor ikan dengan 27 lubang tanam.

Model Akuaponik Pasang Surut

Model akuaponik pasang surut bekerja dengan mengalirkan air dari kolam ke bak penampung di bibir kolam. Melalui pipa yang terhubung dengan pot tanaman, air akan dialirkan dari bawah sampai media tanam terendam.

Lama pengaliran dilakukan sekitar 5 menit dan air akan surut lalu mengalir melalui pipa ke bak pembuangan ke kolam ikan. Pembuatan aquaponik model pasang surut ini bias dibuat dengan ukuran diameter 2 meter x 4 meter dengan populasi ikan di kolam sebanyak 4000 ekor dan 26 pot tanaman.

Model Aquaponik Kolam Bertingkat

Model akuaponik bertingkat ini bekerja dengan mengalirkan air dari kolam terbawah menuju ke rak sayuran teratas. Air akan menggenangi pipa sedalam 4-5 cm. Kemudian air mengalir ke kolam terpal di tengah dan air dialirkan ke setiap pot di sekeliling kolam. Pada setiap pot terdapat satu lubang air. Selanjutnya air akan kembali ke kolam terbawah.

Ukuran model aquaponik bertingkat dengan dimensi 1 meter x 5 meter yang mana kolam bawah bisa diisi ikan sekitar 2500 ekor sedangkan kolam atas di isi 1250 ekor ikan dan untuk tanamannya bisa mencapai 211 lubang tanam.

Model Akuaponik Rak Sayuran Bertingkat

Model akuaponik rak sayuran bertingkat bekerja dengan mengalirkan air dari bak penampungan ke sayuran paling atas yang kemudian turun ke rak sayuran di bawah. Kedua tingkat sayuran itu ditanam menggunakan sistem deep flow technique ( DFT ) dengan kedalaman air 4-5 cm. Air akan mengalir ke setiap pot di sekeliling bak penampungan.

Baca Juga :  Hubungan Gaya dan Gerak dalam Kehidupan

Dalam setiap pot diberi lubang untuk keluarnya air untuk mengalirkan air itu kembali ke kolam. Model aquaponik rak sayuran bertingkat ini bisa memiliki ukuran dengan dimensi 1 meter x 2 meter untuk populasi 500 ekor ikan dan 220-250 lubang tanam.

Model Aquaponik Rakit Apung

Model aquaponik rakit apung dibuat dengan menanam sayuran diatas permukaan air. Tanaman bis ditanam di dalam pipa atau pot yang diberi rockwool untuk tempat tumbuh. Akar tanaman akan terapung atau terendam dalam bak penampung yang berisi ikan.

Ukuran pembuatan model aquaponik rakit terapung yaitu 2 meter x 4 meter dengan populasi ikan sebanyak 4000 ekor dengan 20 lubang tanam. Populasi sayuran maksimal adalah 80% dari permukaan air.

Inilah Model Aquaponik Yang Patut Kamu Coba, Penutup

Demikian artikel tentang model aquaponik yang bisa kamu pelajari dan dipraktikkan di rumah. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski