Biodata Henri Becquerel Penemu Radio Aktivitas

Biodata Henri Becquerel Penemu Radio Aktivitas

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Henri Becquerel seorang penemu radio aktivitas. Penasaran ingin tahu tentang penemu radio aktivitas, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Henri Becquerel :

  • Lahir : 15 Desember 1852 Paris, Prancis
  • Meninggal : 25 Agustus 1908 (umur 55) Le Croisic, Brittany, Prancis
  • Kebangsaan : Prancis
  • Bidang : Fisika, kimia
  • Lembaga : Conservatoire des Arts et Metiers, École Polytechnique, Museum Nasional d’Histoire Naturelle
  • Alma mater : École Polytechnique, École des Ponts et Chaussées
  • Mahasiswa doktoral : Marie Sklodowska-Curie
  • Dikenal atas : Penemuan Radioaktivitas
  • Pasangan : Louise Desiree Lorieux
  • Penghargaan : Rumford Medal (1900), Penghargaan Nobel dalam Fisika (1903), Barnard Medal (1905)

 

Antoine Henri Becquerel adalah salah seorang fisikawan berkebangsan Perancis yang menemukan radioaktivitas. Bersama dengan Marie Sklodowska-Curie dan Pierre Curie menerima hadiah Nobel Fisika tahun 1903 dalam Bidang yang sama.

Biografi

Henri Becquerel lahir pada tanggal 15 Desember 1852 di Paris, Prancis, dalam sebuah keluarga yang menghasilkan empat generasi ilmuwan: kakek Becquerel ( Antoine César Becquerel ), ayah ( Alexandre-Edmond Becquerel ), dan anak ( Jean Becquerel ).

Becquerel belajar teknik di École Polytechnique dan École des Ponts et Chaussées. Pada tahun 1890 Becquerel menikah Louise Desiree Lorieux.

Pada tahun 1892, Becquerel menjadi orang ke-3 di keluarganya yang menduduki kursi fisika di Muséum National d’Histoire Naturelle. Pada tahun 1894, Becquerel menjadi ketua insinyur di Departemen Jembatan dan Jalan Raya.

Penemuan

Karya awal Becquerel berpusat di sekitar subyek tesis doktornya. Polarisasi bidang cahaya, dengan fenomena pendar dan penyerapan cahaya oleh kristal.

Baca Juga :  Biodata August Weismann Penemu Teori Plasma Nutfah

Pada tahun 1896, ketika mengamati fosforesensi garam uranium, tanpa sengaja Becquerel menemukan radioaktivitas.

Meneliti karya Wilhelm Conrad Rontgen, Becquerel mengurung zat yang berpijar, kalium uranil sulfat, dalam pelat foto dan bahan hitam untuk mempersiapkan penelitian yang memerlukan cahaya terang.

Tetapi, sebelum melakukan penelitian, Becquerel menemukan pelat foto itu sudah terpajang, menunjukkan gambaran zat. Penemuan itu membuatnya meneliti emisi spontan radiasi nuklir.

Kematian

Henri Becquerel meninggal pada tanggal 25 Agustus 1908 saat umur 55 tahun di Le Croisic, Brittany, Prancis. Saat itu Becquerel menjadi Sekretaris Tetap Académie des Sciences.

Untuk menghormati jasanya namanya digunakan untuk satuan radioaktivitas, becquerel (Bq), dinamai menurut namanya. Ada sebuah kawah yang disebut Becquerel di Bulan dan juga kawah yang disebut Becquerel di Mars.

Penutup

Itulah biodata Henri Becquerel seorang penemu radio aktivitas. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org