Biodata Charles Louis Alphonse Laveran Penemu Parasit Protozoa

Biodata Charles Louis Alphonse Laveran Penemu Parasit Protozoa

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Charles Louis Alphonse Laveran seorang penemu parasit protozoa. Penasaran ingin tahu tentang penemu parasit protozoa, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Charles Louis Alphonse Laveran :

  • Lahir :  18 Juni 1845 Paris, Prancis
  • Meninggal :  18 Mei 1922 (umur 76) Paris, Prancis
  • Kebangsaan :  Perancis
  • Bidang : Kedokteran tropis, Parasitologi
  • Institusi : Sekolah Kedokteran Militer Val-de-Grace, Pasteur Institute
  • Alma mater :  University of Strasbourg
  • Dikenal karena : Trypanosomiasis, malaria
  • Penghargaan : Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran (1907)
  • Istri : Sophie Marie Pidancet

Charles Louis Alphonse Lavera ialah seorang dokter, fisikawan, patolog, dan parasitolog asal Perancis yang memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1907 atas penemuannya yakni parasit protozoa sebagai agen penyebab penyakit menular malaria dan trypanosomiasis pada manusia.

Charles Louis Alphonse Laveran lahir pada tanggal 18 Juni 1845  di Paris, Prancis. Laveran mengambil kedokteran militer sebagai profesinya. Ia memperoleh gelar medisnya dari University of Strasbourg pada tahun 1867.

Laveran menjadi dokter bedah selama Perang Perancis-Prusia (1870—1871) dan mempraktekkan serta mengajarkan pengobatan militer sampai 1897, di mana ia menjadi anggota Institut Pasteur, Paris. Laveran adalah seorang peneliti soliter tapi berdedikasi, Laveran menulis lebih dari 600 komunikasi ilmiah.

Laveran menikah dengan Sophie Marie Pidancet pada tahun 1885. Mereka tidak punya anak.

Penemuan

Pada tahun 1880, saat bekerja di rumah sakit militer di Constantine, Aljazair, Laveran menemukan bahwa penyebab malaria adalah protozoa, setelah mengamati parasit dalam darah yang diambil dari seorang pasien yang baru saja meninggal karena malaria.

Baca Juga :  Jawaban Beda Budaya Tetap Saudara

Laveran menemukan organisme penyebab penyakit yakni protozoa yang ia beri nama Oscillaria malariae, namun kemudian berganti nama menjadi Plasmodium. Ini adalah pertama kalinya bahwa protozoa terbukti menjadi penyebab segala penyakit. Oleh sebab itu, penemuan itu merupakan validasi dari teori penyakit kuman.

Kematian

Charles Louis Alphonse Laveran menderita penyakit selama beberapa bulan dan meninggal pada tanggal 18 Mei 1922 pada umur 76 tahun di Paris, Prancis. Laveran dimakamkan di Cimetière du Montparnasse di Paris.

Penutup

Itulah biodata Charles Louis Alphonse Laveran seorang penemu parasit protozoa. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia