Biodata James Mill, Pendiri Ekonomi Klasik

Biodata James Mill, Pendiri Ekonomi Klasik

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata James Mill seorang pendiri ekonomi klasik. Penasaran ingin tahu tentang seorang pendiri ekonomi klasik, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata James Mill :

  • Lahir : 6 April 1773 Northwater Bridge, Paroki Logie Pert, Angus Skotlandia
  • Meninggal : 23 Juni 1836 (umur 63) Kensington, London
  • Daerah : Sejarawan / Philosopher
  • Sekolah : Utilitarianisme, Liberalisme

 

James Mill adalah seorang sejarawan, ekonom, ahli teori politik, dan filsuf asal Skotlandia. Dia adalah pendiri ekonomi klasik, bersama dengan David Ricardo. Ia adalah ayah dari John Stuart Mill, filsuf dari liberalisme.

James Mill lahir di Northwater Bridge, Paroki Logie Pert, Angus Skotlandia pada tanggal 6 April 1773. Mill menempuh studi di beberapa tempat. Ia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Edinburgh di bidang teologi.

Selama hidupnya, ia dikenal oleh para pemikir sezamannya sebagai seorang yang mempertahankan asas utilitarianisme, selain itu ia juga merupakan seorang pemikir yang memiliki ketertarikan yang lebih terhadap pendidikan terutama di bidang psikologi.

Sehingga, pada tahun 1819 Mill menghasilkan sebuah buku yang berjudul Analysis of the Phenomena of the Human Mind yang memberikan sumbangsih yang sangat penting terhadap perkembangan ilmu psikologi.

Kehidupan dan Karier

James Mill memulai karirnya sebagai pendeta tetapi tidak lama kemudian ia meninggalkan jabatan itu, oleh karena khotbah-khotbahnya tidak dapat dengan mudah dimengerti oleh jemaat.

Jalan yang ditempuhnya untuk berhenti dari jabatan pendeta tidak mengurangi semangatnya untuk melanjutkan karirnya, setelah itu ia kemudian pergi ke London untuk menempuh karir dalam bidang politik dan sebagai pegawai pemerintah kolonial Inggris, kemudian Mill sempat dikirim ke India untuk beberapa tahun dan sekembalinya ia ke London, Mill sempat juga duduk sebagai anggota parlemen.

Baca Juga :  Biodata Andreas Sigismund Marggraf Penemu Unsur Kimia Zinc

Pada tahun 1817, James Mill menghasilkan sebuah buku yang merupakan laporan atas kunjungannya ke India dengan judul History of British India dan selanjutnya ia mulai banyak menulis di dalam bidang politik.

Sekalipun James Mill sesungguhnya bukan tokoh yang sangat luar biasa dalam psikologi, namun pada dirinya terdapat suatu hal yang menarik dan masih sering menjadi bahan pemikiran para ahli psikologi sampai sekarang.

James Mill mengakhiri kehidupan dan hasil pemikirannya terutama sumbangsihnya terhadap perkembangan psikologi pada tanggal 23 Juni 1836.

Mengenai Analysis of the Phenomena of the Human Mind

Pada tahun 1829, James Mill menuliskan karyanya ini. Meskipun karyanya ini bukan dianggap karya utama oleh pemikir cabang ilmu pengetahuan lain di zamannya, karya ini menjadi satu buku yang telah memberikan sumbangsih yang sangat penting kepada perkembangan psikologi pada umumnya, dan aliran asosiasionisme di dalam psikologi pada khususnya.

Menurut Sarwono, pandangan James Mill sebagaimana tertuang di dalam buku itu, secara hakiki tidak jauh berbeda dengan pandangan John Locke tentang ide.

Penginderaan adalah hasil kontak langsung alat indera manusia dengan rangsangan-rangsangan yang datang dari luar dirinya, sedangkan ide adalah semacam salinan dari penginderaan itu yang muncul dalam ingatan seseorang.

Mill beranggapan bahwa suatu hal yang sulit untuk memisahkan penginderaan dari ide, karena penginderaanlah yang menimbulkan ide dan ide tak mungkin ada tanpa seseorang mengalami penginderaan terlebih dahulu.

Selanjutnya James Mill berpendapat bahwa ide-ide dapat dihubungkan satu dengan lainnya, dan mekanisme yang menghubungkan satu ide dengan ide lainnya disebutnya asosiasi.

Asosiasi ini penting sekali dalam teori James Mill dan menurut James Mill, asosiasi itu tunduk hanya pada satu hukum, yaitu hukum kontiguitas. Di dalam hal yang tersebutkan itu, ia merumuskan tiga kriteria tentang kuat atau lemahnya asosiasi itu. Ketiga kriteria itu ialah sebagai berikut:

  1. Ketetapan: Asosiasi yang kuat adalah asosiasi yang permanen, artinya selalu ada kapan saja. Asosiasi yang kurang permanen berarti asosiasi tersebut kurang kuat dan mudah hilang setelah beberapa saat.
  2. Kepastian: Suatu asosiasi adalah kuat kalau orang yang berasosiasi itu benar-benar yakin akan kebenaran asosiasinya itu.
  3. Fasilitas: Suatu asosiasi akan kuat kalau di lingkungan sekitar cukup banyak prasarana atau fasilitas yang memudahkan timbulnya asosiasi, sehingga seseorang tidak usah berpikir keras atau berkhayal untuk dapat melakukan asosiasi.
Baca Juga :  Biodata Edward Teller Penemu Bom Hidrogen

Karya-karya James Mill

  • An Essay on the Impolicy of a Bounty on the Exportation of Grain, 1804.
  • “Lord Lauderdale on Public Wealth”, 1804, Literary Journal
  • Commerce Defended, 1808.
  • Thomas Smith on Money and Exchange, 1808
  • The History of British India, 3 vols., 1818 (and many later editions)
  • “Government”, 1820, Encycl. Britannica
  • Elements of Political Economy, 1821
  • “Liberty of the Press”, 1823
  • Essays on Government, Jurisprudence, Liberty of the Press, Education, and Prisons and Prison Discipline, 1823.
  • An Analysis of the Phenomena of the Human Mind, 2 vols., 1829 Analysis of the Phenomena of the Human Mind. (1869)
  • Essay on the Ballot and Fragment on Mackintosh, 1830.
  • “Whether Political Economy is Useful”, 1836
  • The Principles of Toleration, 1837.

Kematian

James Mill meninggal di Kensington, London pada tanggal 23 Juni 1836 saat berumur 63 tahun.

Penutup

Itulah biodata James Mill seorang pendiri ekonomi klasik. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia