Biodata James T. Russell Penemu Compact Disc

Biodata James T. Russell Penemu Compact Disc

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata James T. Russell seorang penemu compact disc. Penasaran ingin tahu tentang penemu compact disc, simak penjelasannya berikut ini.

James T. Russell adalah seorang penemu asal Amerika. ia adalah orang yang pertama kali menemukan compact disc (CD). Russell lahir pada tahun 1931 di Bremerton, Washington, AS.

James T. Russell meraih BA dalam fisika dari Reed College di Portland pada tahun 1953. Russell bergabung dengan General Laboratorium Electric terdekat di Richland, Washington. di sana ia memulai banyak jenis instrumentasi eksperimental. Dia dirancang dan membuat electron beam welder pertama.

Sejak kecil, Russell dikenal dengan jiwa penemunya. Pada tahun 1937, saat berusia 6 tahun, Russell membuat remote control untuk kapal perangnya dengan menggunakan kotak makan siangnya. Russell juga termasuk orang pertama yang menikmati televisi dan keyboard sebagai media masukan data ke komputer.

James T. Russell seorang pecinta musik di waktu itu. Dia sangat tidak puas dengan kualitas musik yang dihasilkan keping piringan hitam gramafon (phonograph). Karena penasaran, sampai-sampai Russell bereksperimen menggunakan duri kaktus sebagai jarum pembaca piringan hitam.

Russell sudah menduga kalau hasil eksperimennya sia-sia. Russell menginginkan sistem yang akan merekam dan memutar kembali lagi sebuah lagu tanpa harus kontak langsung antar bagiannya. Russell melihat bahwa cara terbaik untuk itu adalah dengan menggunakan cahaya.

Setelah melakukan berbagai percobaan selama beberapa tahun, akhirnya Russell menemukan cara menyimpan data dalam piringan sensitif cahaya. Data ini dimodelkan dalam `bit` cahaya yang sangat kecil. Sebuah sinar laser akan membaca struktur bit cahaya ini, lalu komputer akan mengubah data ini ke dalam sinyal elektronik.

Baca Juga :  Biodata Georges Claude Penemu Lampu Neon
contoh Compact Disc James T. Russell dan bagian-bagiannya

Pada tahun 1965, Russell bergabung dengan Pacific Northwest National Laboratory of Battelle Memorial Institute di Richland. Pada tahun 1965, Russell menemukan konsep keseluruhan perekaman optik digital dan pemutaran.

Untuk pertama kalinya terciptalah compact disc. Kemudian pada tahun 1970, Russell menerima hak patennya.
Pada bulan Juli 2007, Russell mendapatkan 54 paten AS. Pada tahun 2000, Russell menerima penghargaan The Vollum dari Reed College.

Penutup

Itulah biodata James T. Russell seorang penemu compact disc. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :

  • https://en.wikipedia.org/wiki/James_Russell_(inventor)
  • http://dederusnadi.blogspot.co.id/2011/05/sejarah-penemuan-cd-compact-disc-dan.html