Biodata Johan Gadolin Penemu Unsur Itrium

Biodata Johan Gadolin Penemu Unsur Itrium

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Johan Gadolin seorang penemu unsur itrium. Penasaran ingin tahu tentang penemu unsur itrium, simak penjelasannya berikut ini.

Johan Gadolin (5 Juni 1760 – 15 Agustus 1852) adalah seorang ahli kimia, fisikawan, dan ahli mineral asal Finlandia. Dia dikenal karena menemukan unsur itrium pertama kali.

Gadolin menemukan ” tanah baru ” yang mengandung senyawa tanah langka pertama, yang kemudian menjadi unsur kimia. Gadolin juga dianggap sebagai pendiri penelitian kimia Finlandia, sebagai pemegang kedua Ketua Kimia di Royal Academy of Turku (atau Åbo Kungliga Akademi ).

Gadolin menjadi populer karena deskripsi elemen tanah jarang pertama, itrium. Pada tahun 1792 Gadolin menerima sampel mineral hitam dan berat yang ditemukan di sebuah tambang di desa Swedia Ytterby dekat Stockholm oleh Carl Axel Arrheniu.

Dengan eksperimen cermat, Gadolin menentukan bahwa sekitar 38% sampel adalah “tanah” yang sebelumnya tidak diketahui, oksida yang kemudian dinamai yttria. Yttria, atau itrium oksida, adalah senyawa logam tanah jarang yang pertama diketahui pada saat itu, belum dianggap sebagai unsur dalam pengertian modern.

Karyanya Gadolin diterbitkan pada tahun 1794. Mineral yang dikaji Gadolin bernama gadolinite pada tahun 1800. Elemen gadolinium dan oksida gadolinia dinamai menurut Gadolin oleh para penemunya.

Dalam makalah sebelumnya pada tahun 1788, Gadolin menunjukkan bahwa unsur yang sama dapat menunjukkan beberapa keadaan oksidasi, dalam kasusnya Sn (II) dan Sn (IV) ‘dengan menggabungkan dirinya dengan jumlah yang lebih besar atau lebih kecil dari zat kalsinasi’. Dia dengan jelas menggambarkan reaksi tidak proporsional :

2 Sn (II) ⇌ Sn (0) + Sn (IV)

Baca Juga :  Biodata Robert S. Ledley Penemu Mesin CT Scanner

Itrium

Itrium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Y dan nomor atom 39. Itrium termasuk dalam logam langka (rare-earth metal). Itrium cukup stabil di udara karena membentuk lapisan oksida stabil di permukaannya, tetapi mudah dioksidasi ketika dipanaskan.

Unsur ini bereaksi dengan air dengan melepaskan gas hidrogen, serta bereaksi dengan asam mineral. Itrium tidak terdapat di alam sebagai unsur bebas dan ditemukan di hampir semua mineral langka dan dalam bijih uranium.

Penggunaan terbesar itrium adalah sebagai oksida itria, Y2O3, yang difungsikan dalam pembuatan fosfor merah untuk tabung televisi warna.

Itrium digunakan juga sebagai paduan logam dalam jumlah kecil yang antara lain digunakan untuk meningkatkan kekuatan aluminium dan magnesium. Itrium adalah salah satu unsur kimia langka yang ditemukan dalam peralatan elektronik seperti televisi warna, lampu neon, lampu hemat energi, dan kacamata.

Penutup

Itulah biodata Johan Gadolin seorang penemu unsur itrium. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :

  • https://www.amazine.co/28376/itrium-y-fakta-sifat-kegunaan-efek-kesehatannya/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Johan_Gadolin

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski