Biodata Joseph Aspdin Penemu Semen Portland

Biodata Joseph Aspdin Penemu Semen Portland

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Joseph Aspdin seorang penemu semen portland. Penasaran ingin tahu tentang penemu semen portland, simak penjelasannya berikut ini.

Joseph Aspdin adalah seorang produsen semen berkebangsaan Inggris yang memperoleh hak paten untuk semen Portland pada tanggal 21 Oktober 1824.

Joseph Aspdin lahir pada bulan Desember 1778 di Leed Inggris. Aspdin adalah anak tertua dari enam bersaudara, Ayahnya bernama Thomas Aspdin, seorang tukang batu yang tinggal di distrik Hunslet dari Leeds, Yorkshire.

Joseph Aspdin menikah dengan Mary Fotherby di Leeds Paroki Gereja (Gereja Paroki Santo Petrus di Leeds) pada tanggal 21 Mei 1811. Pada tahun 1817 ia mendirikan bisnis sendiri di Leeds pusat.

Aspdin selalu bereksperimen dengan pembuatan semen untuk beberapa tahun ke depan, lalu pada tanggal 21 Oktober 1824 ia diberi hak Paten Inggris BP 5022 yang berjudul An Improvement in the Mode of Producing an Artificial Stone, di mana ia menciptakan semen dengan nama “Portland” yang mana Portland dianalogikan sebagai batu, sebuah batu kapur oolitic yang digali di pantai pesisir Inggris, di Isle of Portland di Dorset.

Pada tahun 1825, Joseph Aspdin bekerja sama dengan William Beverly yang tinggal bertetangga dengannya didaerah leed, mereka mendirikan pabrik semen di Kirkgate, Wakefield. Beverley tinggal di Leeds, tapi Aspdin dan keluarganya pindah ke Wakefield (sekitar 9 mil jauhnya) dari tempat itu.

Aspdin memperoleh hak paten kedua, untuk metode pembuatan kapur, di tahun 1825. Pabrik Kirkgate ditutup pada tahun 1838 setelah Manchester dan Leeds Railway company (sebuah perusahaan kereta api) membeli daerah itu, dan daerah itu dibersihkan dan di pindah kan daerah kedua yang terdekat di Kirkgate.

Baca Juga :  Biodata Sarah Gilbert Penemu Vaksin AstraZeneca

Saat ini anaknya James tertua bekerja sebagai akuntan di Leeds, dan anak bungsu, William, berlari pabrik. Namun, pada tahun 1841, Aspdin bermitra dengan James, dan menuliskan pemberitahuan bahwa William telah pergi, dan bahwa perusahaan tidak akan bertanggung jawab atas utang-utangnya. Hal ini dapat diasumsikan bahwa William mengembangkan modifikasi nya mengarah ke “modern” semen Portland sebelum waktu keberangkatannya.

Pada tahun 1844 Joseph Aspdin pensiun, dan memberikan bagiannya dari bisnis untuk James. James pindah ke daerah ketiga di Inggris Road pada tahun 1848, dan pabrik ini terus beroperasi hingga 1900. Joseph Aspdin meninggal pada tanggal 20 Maret 1855 di rumah di Wakefield.

Penutup

Itulah biodata Joseph Aspdin seorang penemu semen portland. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : http://encyclopedia.thefreedictionary.com/Portland+cement